8 Tips Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga

Setiap orang mendambakan keluarga yang bahagia dan tetap utuh selamanya. Keluarga adalah tempat untuk saling berbagi, merasakan kebahagiaan dan tempat untuk mendidik anak. Namun terkadang harapan itu hanya berakhir dengan perceraian. Beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya perceraian seperti kesalahpahaman, tidak saling percaya, perselingkuhan dan lain sebagainya.
Beberapa tips membangun keluarga yang bahagia dan abadi mungkin dapat menjadi masukan anda agar terciptanya keluarga yang rukun seperti dibawah ini.

8 Tips Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga

1. Membangun Kepercayaan
Salahsatu landasan sebuah perkawinan yang sukses adalah dengan dasar kepercayaan. Saling percaya antara suami dan isteri akan menyelamatkan keluarga dari pertengkaran. Tanpa kepercayaan, saling curiga antara kedunya akan melahirkan pertengkaran yang dapat berakhir dengan hancurnya iakatan pernikahan yang lebih cepat.

Loading...

2. Minta maaf
Jiika anda adalah tipe orang yang tidak suka mengatakan maaf, maka hal-hal tersebut bisa mempersulit terciptanya kebahagiaan dalam rumahtangga. Jika suatu kesalahpahaman terjadi dan kedua pasangan saling keras kepala dan menolak untuk menerima kesalahan mereka masing-masing maka sulit untuk menemukan penyelesaiannya. Dengan demikian pentingnya untuk meminta maaf meskipun belum tentu anda yang bersalah dalam hal ini. Mengalah demi kebahagiaan akan lebih baik daripada keegoisan dir yang dapat menyebabkan kehancuran rumahtangga anda.

READ:  Apa Itu Vagina Kering ?

3. Berkomunikasi
Saling berkomunikasi yang baik, sopan dan ramah akan memberikan rasa bahagia sesama pasangan. Kurangnya komunikasi yang baik akan memberikan bias yang bisa menjadi penyebab keretakan rumah tangga itu sendiri. Tidak sedikit rumah tangga hancur hanya karena kurangnya komunikasi yang baik.

4. Hubungan Intim
Jangan abaikan masalah hubungan intim, kurangnya hubungan intim akan menyebabkan salah satu dari pasangan mencari tempat lain untuk memenuhi kebutuhan biologis mereka. Jika salah satu pasangan yang kehilangan gairah intim, anda tak perlu mencari pelepas nafsu anda diluar rumah. Bersabarlah menerima kenyataan pahit tersebut dan berusaha mencari cara untuk mengembalikan gairah pasangan anda. Inilah pentingnya membangun rumahtangga tidak didasarkan atas hawa nafsu belaka tetapi komitmen yang kuat untuk menjaga keutuhan keluarga.

READ:  Kesuburan Dan Masalah Sperma Pada Pria

5. Belajarlah menerima alasan
Terkadang salah satu pasangan tidak mau menerima pendapat atau alasan hanya karena mengedepankan keegoisan diri sehingga bisa menyebabkan pertengkaran kecil. Saling memaksakan keinginan dan kemauan terhadap pasangan hanya akan melahirkan konfrontasi yang bisa menimbulkan pertengkaran hebat dan akhirnya perceraianlah yang terjadi.

6. Belajarlah untuk memberikan ruang
Saling pengertian, memberi ruang dan waktu pada pasangan untuk menyendiri atau melakukan hal-hal seorang diri. Jangan juga selalu mengharapkan pasangan anda akan selalu bersama anda sepanjang waktu. Jangan memaksakan keinginan pada pasangan anda.

7. Saling menerima kekurangan masing-masing
Jangan pernah memaksa pasangan untuk melakukan perubahan yang tak dapat dilakukan pasangan hanya dalam wktu singkat. Belajarlah untuk saling menerima kekurangan masing-masing dan sebaiknya saling mengisi kekurangan psangan dengan kelebihan anda karena hal ini justru akan memperkokoh keutuhan keluarga anda.

READ:  3 Tips Mengatur Jadwal Bercinta Disela-sela Kesibukan

8. Jadilah Penyemangat
Ketika pasangan kita mengalami masalah yang cukup rumit dan bisa membuat pasangan anda putus asa dan kecewa terhadap dirinya sendiri, kehadiran anda sebagai motivator dan penyemangat pasangan akan membuat pasangan anda kagum dan lebih menyintai anda lagi.

Tak ada keluarga yang dibangun tanpa mengalami berbagai tantangan dan persoalan yang dapat menggoyahkan kekokohan rumahtangga kita. Keutuhan dan kekokohan rumahtangga hanya bisa bertahan jika didasari dengan komitmen yang kuat antara kedua pasangan. semoga 8 Tips Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga diatas bisa benjadi masukan buat anda untuk mengupayakan keutuhan keluarga hingga selama-lamanya.

Loading...