Cara Membuat Pomade Alami di Rumah

Tutorial Membuat Pomade Minyak rambut atau istilah kerennya pomade ini selain didapatkan dengan membeli pomade di salon kecantikan juga bisa dibuat sendiri dirumah.

Cara membuat pomade secara alami di rumah mungkin lebih efisien dan tentunya lebih aman untuk kesehatan rambut dalam jangka panjang dibanding dengan membeli pomade yang siap pakai.

Pomade sendiri hadir dalam berbagai jenis, baik berupa gel, minyak rambut atau krim yang semuanya bertujuan untuk memudahkan penataan rambut dan menghindari rambut nampak kering dan berantakan setelah disisir.

Pada umumnya pomade menggunakan  minyak kelapa, lanolin ataupun lilin sebagai bahan utama serta beberapa bahan tambahan lainnya termasuk dalam hal ini adalah bahan pengharum atau parfum.

Menggunakan pomade rambut sebetulnya banyak manfaatnya termasuk dalam melebabtkan rambut, mengkilapkan rambut serta dapat menutrisi rambut dari luar apalagi jika mereka dilengkapi dengan minyak vitamin E dan beberapa protein lainnya.

READ:  Cara Mengatasi Kulit Tumit yang Kering dan Pecah-Pecah

Di balik manfaat pomade untuk keindahan dan kesehatan rambut kita juga bisa sebaliknya, rambut bisa rontok dan memudahkan debu melengket disetiap helai rambut, merangsang pertumbuhan komedo serta mempercepat hadirnya uban (rambut putih) dari usia yang seharusnya.

Hal ini bisa terjadi karena adanya bahan kimia tambahan yang terdapat dalam pomade yang kita gunakan baik bahan kimia yang berasal dari pewarna maupun dari bahan parfum sendiri.

Oleh karena itu, untuk mencegah dampak negatif penggunaan pomade pada rambut kita mungkin lebih jika kita membuat pomade sendiri dirumah.

Cara membuat pomade secara alami dirumah sebenarnya tidak serumit yang kita bayangkan jika bahannya telah siap. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat pomade alami seperti segar minyak zaitun atau minyak nabati lainnya, minyak sayur segar, minyak wangi alami dan lilin lebah.

READ:  Tips Mengatasi Jerawat Yang Disebabkan Oleh Makeup

Cara Membuat Pomade Alami di Rumah

  1. Cairkan lilin lebah dengan cara memanaskannya dalam panci yang bersih kemudian aduk hingga mencair dengan baik lalu tuangkan lilin cairtersebut kedalam wadah pencampuran.
  2. Tambahkan minyak sayur kedalam cairan lilin yang masih hangat tadi.
  3. Langkah selanjutnya adalah tambahkan minyak esensial seperti mint untuk memberi aroma pada pomade anda nantinya kemudian panaskan kembali bahan campuran tersebut untuk mengubah konsistensi.
  4. Jika pomade anda terlalu kaku, tambahkan lebih banyak minyak atau mentega lalu panaskan kembali. Jika terlalu lembut, tambahkan lilin lalu dipanaskan.
  5. Agar hasil pomade anda lebih mengkilapkan rambut anda, tambahkan lebih banyak minyak essensial ataupun minyak sayur.
READ:  Tips dan Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

  • Jangan menggunakan microwave untuk mencairkan lilin , hanya menggunakan hotplate atau kompor
  • Jangan pernah menerapkan pomade dimata atau di mulut anda
  • Pastikan hanya menggunakan minyak alami, minyak nabati atau minyak wangi alami untuk pomade Anda
  • Jangan gunakan lilin selain dari lebah dan auhkan dari jangkauan anak-anak.

Dengan melihat cara membuat pomade alami di rumah ini tentunya sangat mudah bukan? Sebagai kalimat penutup diucapkan selamat bereksperimen.