Tips dan Cara Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa

Tips Berpuasa yang MenyehatkanDehidrasi bisa terjadi kapan saja ketika tubuh kekurangan cairan termasuk disaat menjalani puasa. Oleh karena itu pentingnya menjaga kecukupan cairan tubuh yang kita minum agar terhindar dari dehidrasi ini.

Cara mencegah dehidrasi disaat menjalani puasa, berikut ini beberapa tips yang dapat anda coba agar anda dapat merasa nyaman disaat menjalankan ibadah puasa anda dibulan ramadhan ini.

Tips dan Cara Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa

1. Cukup Minum Air saat Sahur

Minum air minimal satu gelas setelah bangun tidur menjelang sahur, setelah makan sahur anda disarankan untuk minum air putih satu gelas lagi. Anda dapat menambahkan segelas teh diselingi dengan makanan ringan lalu ditutup dengan ½ gelas sebelum anda mulai berpuasa.

Loading...
READ:  5 Obat Alami Pilihan untuk Diabetes tipe 2

Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu berminyak, bersantan, ataupun yang pedas-pedas karena bisa menyebabkan perut jadi melilit sehingga dapat mengganggu ibadah puasa anda.

2. Makan Banyak Buah

Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah yang segar dan mengandung banyak cairan. Selain untuk mencegah dehidrasi, buah juga banyak mengandung nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.
Buah-buahan yang disarankan saat berbuka puasa ataupun berbuka puasa antara lain buah anggur, kurma, apel, pisang, semangka serta beberapa jenis buah lainnya.

3. Kurangi Olahraga dan Kegiatan Berat

Olah raga dan melakukan kegiatan berat dapat memicu kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat untuk menstabilkan suhu tubuh. Dengan banyak cairan tubuh (keringat) yang dikeluarkan maka tubuh memerlukan asupan cairan pengganti agar tubuh segar dan fit kembali.

READ:  9 Manfaat Berhubungan Badan untuk Kesehatan

Bagaimana jika anda sedang berpuasa? Salah satu caranya adalah dengan mengurangi tutinitas yang dapat mengeluarkan keringat yang berlebihan.

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai atau berlari-lari kecil dipagi hari. Setelah itu anda perlu istirahat secukupnya untuk mengembalikan kebugaran anda.

4. Cukup Minum Air saat Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa, minumlah seperdua gelas lalu di ikuti dengan mengkonsumsi buah sebelum anda mengkonsumsi makanan atau hidangan lainnya.

Pada saat berbuka puasa, disarankan agar tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak hingga anda merasa sangat kekenyangan karena hal ini tidak baik menurut kesehatan.

Mengkonsumsi buah-buahan, makanan-makanan yang bernutrisi tinggi serta cukup minum air putih sebelum dan setelah berbuka puasa dapat mencegah tubuh anda dari dehidrasi dan dapat menjaga kesehatan tubuh anda disaatmenjalani puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

READ:  Amankah Penggunaan Benzoil Peroksida saat Hamil?

Semoga tips dan cara Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa diatas dapat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap fit dan segar. Kami Ucapkan Selamat Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan Anda

Loading...