Loading...

9 Kandungan dan Manfaat Buah Apel

 Manfaat Buah ApelApel merupakan buah yang memiliki rasa yang enak dalam beberapa varietas yang berbeda. Apel selain mengandung rasa yang enak,  juga menyediakan serat dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Apel adalah salah satu buah yang paling bergizi, mengandung sejumlah besar mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Kandungan gizi dan manfaat buah apel sangat penting artinya bagi  kesehatan tubuh. memberi perlindungan organ tubuh serta memperbaiki sel-sel yang rusak.

Loading...

Manfaat dan kandungan gizi pada buah apel:

1.  Vitamin B1 (Thiamine)

Vitamin B1atau tiamin, membantu menghubungan pesan dari saraf kebagian dalam tubuh lainnya. Thiamine yang sifatnya menenangkan tubuh dan membantu mengembalikan energi.

Ketika diambil sebagai suplemen dapat membantu menjaga fungsi hati secara normal. Thiamine mempengaruhi kerja organ dalam tubuh dan membantu otot agar tetap berfungsi dengan baik.

2. Vitamin A

Apel juga mengandung vitamin A yang membantu reproduksi sel dalam tubuh. Fungsi vitamin A dalam buah apel ini membantu dalam perkembangan tulang dan gigi.

Hal ini juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut, selaput lendir, gigi, dan sendi. Vitamin A juga dapat membantu memerangi tubuh anak-anak terhadap campak.

3. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu tubuh dalam melawan flu biasa. Hal ini juga dapat membantu dalam perbaikan sel-sel darah dan otot dalam tubuh.

Sementara banyak orang mungkin mengasosiasikan vitamin C dengan jeruk karena memiliki kandungan vitamin C yang hampir setara.

Vitamin C memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberi perlawanan terhadap virus dan membantu perbaikan jaringan tubuh.

4. Vitamin K

Vitamin K yang ditemukan dalam apel membantu merangsang pertumbuhan tulang yang baik, membantu pembekuan darah disaat terjadi luka dan dapat membantu mengatur tingkat kalsium.

5. Kalsium

Kalsium yang terkandung dalam apel berkontribusi dalam membangun sistem rangka yang kuat. Kalsium juga sangat penting artinya dalam membantu pertumbuhan dan regenerasi tulang.

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa Kalsium berperan penting dalam pencegahan masalah insomnia.

Manfaat lain dari Kalsium ini adalah membantu darah untuk membeku secara normal dan membantu dalam kontraksi otot

6. Menurunkan kolesterol

 Apel dengan kandungan pektinnya merupakan serat yang dapat untuk mengurangi kolesterol. Pektin dapat mencegah kolesterol untuk  melapisi dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko arteriosklerosis dan penyakit jantung.

7. Menguatkan memori

Apel memiliki quercetin yang dapat melindungi sel-sel otak, membantu meningkatkan memori  dan menurunkan kemungkinan pengembangan Alzheimer.

8. Mengurangi tingkat gula darah

Polifenol dalam apel dapat mempengaruhi pencernaan dalam penyerapan karbohidrat dan membantu mencapai kadar glukosa yang normal.

9. Anti kanker

Kandungan buah apel berupa senyawa triterpenoid dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker usus besar, kanker hati dan kanker payudara.

Apel merupakan buah yang memiliki rasa yang enak dalam beberapa varietas yang berbeda. Apel selain mengandung rasa yang enak, juga menyediakan serat dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

9 Kandungan dan Manfaat Buah Apel | Tim Redaksi | 4.5