Cara Tepat Mengatasi Alergi pada Anak

Obat Alergi pada AnakInformasi tentang cara mengatasi alergi pada anak sangat penting artinya bagi orang tua demi menjaga kesehatan anak.

Ketika kita menemukan gejala alergi pada anak maka segeralah menemukan solusinya sebelum kondisinya semakin parah.

Alergi ini terjadi ketika sistem imun mengalami hipersensitif terhadap sesuatu yang dianggapnya penyerang tubuh.

Selain itu, alergi juga bisa terjadi tatkala  sel darah putih melakukan reaksi yang berlebihan dan sebagai hasil akhirnya adalah munculnya respon inflamasi pada kulit.

Meskipun kebanyakan orangtua hanya berpikir tentang alergi ketika anak mereka mengalamii hidung meler, padahal sebenarnya ada berbagai macam gejala alergi yang yang mungkin luput dari perhatian orang tua, seperti:

– Rasa gatal dan ruam kulit yang berwarna merah atau yang dikenal sebagai dermatitis kontak
– Pilek dan mirip dengan penyakit Flu biasa dan mata terasa gatal yang dikenal sebagai alergi rhinitis
– Ruam dan rasa gatal pada kulit anak yang muncul dan menghilang secara tiba-tiba dll.

Jenis-jenis alergi berdasarkan penyebabnya sebenarnya sangat banyak, sehingga mengenali jenis makanan ataupun hal lain yang bisa menimbulkan alergi sangat penting artinya untuk mencegah terjadinya alergi itu sendiri.

READ:  Obat Eksim Untuk Bayi

Jika alergi sedang dialami oleh anak-anak kita, langkah pertama dalam mengobati alergi ini bisa dengan memberi obat anti alergi yang cocok untuk usia anak.

Beberapa merek obat yang mungkin dapat mengatasi alergi seperti Allegra, Clarinex, Claritin, Singulair, dan Zyrtec, dll. (Baca petunjuk dan efek samping yang ditimbulkan sebelum mengkonsumsi obat).

Jika jenis obat diatas belum bisa mengatasi alergi, beberapa tindakan yang kita tempuh selanjutnya seperti:

  • Menghindari Pemicu Alergi

Menghindari pemicu alergi terlebih dahulu seperti pada jenis makanan tertentu, tungau debu, bulu hewan peliharaan, jamur, dan serbuk sari serta beberapa kondisi cuaca lainnya, dan hal-hal lainnya.

  • Periksa Dosis Obat

Jika obat alergi tersebut tidak berfungsi dengan baik, mungkin lebih baik untuk memeriksakan ulang jenis, penyebab alergi anak dan meminta jenis obat serta dosis yang tepat untuk alergi anak.

READ:  5 Tips Dan Cara Mengasuh Anak Agar Tidak Bandel

Karena terkadang pemberian dosis awal bisa ditingkatkan. Sebagai contoh, dosis awal obat Zyrtec untuk anak-anak antara usia 12 sampai 23 bulan adalah 1/2 sendok teh sekali sehari, yang dapat ditingkatkan menjadi 1/2 sendok teh setiap 12 jam jika tidak bekerja.

Dan anak-anak dari usia 2-5 tahun dapat meminum obat dengan dosis 1 sendok teh Zyrtec sekali sehari.
( Beberapa pengobatan alergi lainnya dapat anda temukan pada artikel selanjutnya)

Alergi yang terjadi pada anak adalah reaksi yang timbul pada salah satu dari sekian banyak penyebab alergi. Alergi ini sangat rentan pada anak dan orang dewasa yang mengalami penurunan sistem imun dan faktor genetika serta faktor penyebab alergi lainnya.

READ:  8 Obat Tradisonal untuk Anak

Cara mengatasi alergi dan pemberian dosis yang tepat pada  anak dapat memberi hasil memuaskan.  Dan semoga artikel tentang cara tepat mengatasi alergi pada anak diatas dapat bermanfaat  bagi kita semua. Thanks…..!!!!