Cara Menemukan Hobi Anak

Cara mengembangkan prestasi anakDalam mengembangkan potensi anak tidak didasari atas keinginan orang tua dan hobi anak saja, melainkan dengan melihat potensi dan bakat alami anak.
Mengembangkan hobi dan bakat alami anak yang tepat akan melahirkan prestasi yang membanggakan.
Untuk menemukan bakat alami anak dapat dilihat dari hobi dan kreatifitas anak dalam kesehariannya. Namun terkadang antara hobi dan bakat alami anak tidak selalu seiring, Mengapa demikian?

Hobi merupakan kegemaran untuk melakukan pada suatu keatifitas yang dilakukan secara rutin dan melahirkan kesenangan atau kebahagiaan pada individu.

Hobi ini biasanya muncul dan hilang dengan sendirinya tergantung dari situasi dan kondisi lingkungan. Sementara bakat adalah kemampuan yang melekat pada diri seseorang dan merupakan bawaan sejak ia dilahirkan. Bakat ini biasa muncul ketika usia sekitar 3 tahun atau lebih, kemudian akan berkembang pesat ketika bakat tersebut mulai dikembangkan.

READ:  Gejala Rheumatoid Arthritis Pada Anak-Anak

Terkadang orang tua dalam mengembangkan potensi anak hanya diukur pada hobi saja dan ini dianggap sebagai bakat alami anak yang sesungguhnya.
Meskipun bukan bawaan sejak lahir, hobi dapat melahirkan prestasi yang menonjol jika kita dapat mengelola hobi ini dengan tepat.

Jadi, peran orang tua adalah mendukung dan memberikan dorongan pada anak untuk dapat mengembangkan hobi atau bakat yang terpendam pada diri anak.

Jenis-jenis hobi
1. Salah satu jenis hobi adalah kolektor, seperti, gantungan kunci, kotak makan, tanda tangan, buku, komik kartu pos, boneka, sendok, koin dan lain sebagainya.
2. Hobi di bidang pendidikan, seperti menjadi penyiar radio amatir, hobi dibidang kimia, astronomi dan beberapa bidang lainnya.
3. Hobi yang sifatnya kreatif seperti menjadi pelukis, fotografi, memainkan alat musik, memasak, pemesanan memo, desain, mengukir, menyulam, merajut, menjahit dan lain sebagainnya.
4. Hobi yang menitik beratkan pada fisik, misalnya, bermain olahraga, yoga, bersepeda, berjalan atau hiking.
5. Hobi dalam permainan misalnya bermain catur, bridge, remi, backgammon dan scrabble dan beberapa bentuk permainan lainnya.

READ:  Penyebab dan Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Keuntungan dari hobi
1. Melahirkan kesenangan dan kebahagiaan
2. ameningkatkan latihan fisik.
3. Hobi lebih lanjut dapat memajukan kreativitas.
4. Proses penemuan bakat yang tepat.
5. Meningkatkan kemauan dan ketekunan untuk mencapai tujuan.
6. Hobi bisa merubah meningkatkan karir dibidang tersebut.

Pentingnya mengembangkan hobi dan bakat anak kemudian mengarahkannya pada hal lebih positif. Pengembangan potensi dan hobi akan memberi pengaruh besar pada kehidupan anak dimasa yang akan datang.