5 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan

5 Cara Alami untuk Mengobati Radang TenggorokanRadang tenggorokan atau dalam istilah medis dikenal dengan Faringitis. Faringitis ini merupakan penyakit yang sering menyerang pada manusia dari segala umur. Peradangan ini umumnya diawali dengan penyakit flu biasa kemudian bisa memburuk dalam beberapa hari. Peradangan tenggorokan pada bayi dapat ditularkan melalui ibunya pada saat persalinan dan faringitis ini  dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Peradangan tenggorokan ini disebabkan oleh beberapa kelompok bakteri streptokokus. Dalam dunia medis perdangan akibat bakteri ini dikenal dengan peradangan group A dan B.

Sebenarnya untuk memerangi streptokokus cukup dengan meminum obat antibiotik selama
10 hari karena jika tidak, penyakit ini kemungkinan akan kambuh kembali atau bahkan dapat menyebabkan demam rematik.

Biasanya dokter akan meresepkan salah satu dari sejumlah antibiotik penisilin untuk mengobati radang tenggorokan anda. Varietas jenis antibiotik amoxicillin, flukloksasilin, dicloxacillin dan methicillin meskipun dalam beberapa kasus bakteri streptokokus A kebal terhadap antibiotik methicillin namun akhir-akhir ini penggunaan Azitromisin yang dikenal sebagai Zithromax paling umum digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.

READ:  7 Fakta Unik yang Dimiliki Seorang Wanita

Selain dengan pengobatan, radang tenggorokan ini dapat diringankan dengan menjaga nutrisi tubuh dan usahakan tubuh tidak mengalami dehidrasi dan untuk lebih jelasnya kita dapat simak pembahasan tentang tata cara menangani radang tenggorokan ini.

5 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan
1. Minum banyak air
Untuk mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh radang tenggorokan, disarankan untuk mengkonsomsi banyak cairan seperti air putih dan beberapa jenis minuman yang mengandung elektrolit seperti Gatorade, Adem Sari ataupun minuman LarutanCap Kaki Tiga.

2. Makan sup
Makan banyak sup atau makanan yang kurang mengandung natrium akan membantu kita dalam meringankan radang tenggorokan. Karena natirum diketahui dapat berkontribusi terhadap dehidrasi tubuh.

READ:  5 Cara Menghilangkan Keriput Di Wajah

3. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air garam adalah pengobatan paling populer dalam mengobati radang tenggorokan, karena garam ini dapat menarik air dari sel-sel yang mengalami pembengkakan. Selain itu air garam juga mampu membunuh bakteri dan mengurangi penyebaran infeksi.

4. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C (Asam Ascorbat) dikenal sebagai anti oksidan dan dapat mengobati beberapa penyakit kulit. Vitamin C ini juga dapat digunakan untuk memerangi beberapa jenis virus, meringankan stres, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mengkonsumsi Vitamin C 1.000 mg 3 kali sehari dapat mengobati radang tenggorokan.

5. Cuka sari apel
cuka sari apel merupakan salah satu solusi alami yang paling baik untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk membuat ramuan cuka sari apel ini kita mencampurnya dengan air secukupnya sebagai bahan oles di sekitar tenggorokan yang mengalami peradangan.

READ:  Jumlah Kalori Terbakar Saat Membersihkan Rumah

Penyakit radang tenggorokan (faringitis) ini disebabkan oleh inveksi bakteri streptokokus yang penyebarannya melalui makanan yang kita konsumsi. Penyakit ini dapat digolongkan kedalam penyakit menular, oleh karena itu jika anda atau salah satu anggota keluarga anda yang terserang radang tenggorokan sebaiknya segera dilakukan penanganan untuk mencegah mewabahnya peyakit ini. Untuk mengatasi radang tenggorokan tersebut mungkin tak ada salahnya untuk mencoba 5 Cara alami untuk mengobati radang tenggorokan seperti diatas.