Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Rambut

Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak RambutRambut juga merupakan salah satu faktor dari kecantikan yang ada dalam tubuh kita yang juga berfungsi sebagai mahkota.

Memiliki rambut yang sehat tidak hanya ditentukan dari produk shampo atau conditioner yang Anda pakai.

Hal-hal yang lain yang sering Anda lakukan terhadap rambut Anda juga sangat terpengaruh terhadap kesehatan dan keadaan rambut Anda.

Berikut ini ada 5 kebiasaan buruk yang bisa merusak rambut dan membuat rambut Anda kelihatan cepat tipis, yaitu:

1. Memakai Alat Perawatan Rambut Bersuhu Tinggi

Dengan menggunakan pengering rambut yang bersuhu tinggi akan berdampak negatif pada rambut Anda. Suhu yang terlalu tinggi bisa merusak protein yang menyusun rambut Anda dan juga akan merusak kutikula pelindung kulit kepala Anda. Dr. Bauman telah mengatakan bahwa pada saat kutikula rusak, kelembabannya juga akan rusak dan rambut kita sangat mudah rusak.

2. Menyisir Rambut Setelah Keramas

Helai rambut kita cepat mengalami rapuh dan sangat mudah rusak pada saat terkena air. Jadi, pada saat Anda menyisir rambut ketika dalam keadaan basah, akibatnya rambut akan lebih cepat rontok. Sebaiknya sebelum keramas, Anda harus menyisirnya terlebih dahulu dan ketika selesai keramas, Anda tinggal memakai handuk dan menunggunya samapi kering sebelum menyisirnya kembali.

3. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kalau Anda mempunyai rambut yang panjang dan suka mengikatnya, sebaiknya untuk tidak mengikat terlalu kencang dan keras. Jika Anda mengikat rambut Anda terlalu kencang, folikel pada rambut bisa sangat tertekan. Hasilnya bisa saja merusaknya dan melukai kulit kepala Anda sendiri. Seorang peneliti dermatologis yang tinggal di New York, Doris Day, MD, mengatakan bahwa kalau mengikat rambut terlalu kencang bisa mengakibatkan traction alopecia, yaitu sebuah keadaan yang bisa memperburuk folikel rambut dan menyebabkan rambut tak bisa tumbuh lagi. Saat tidur, usahakan untuk melepaskan ikatan rambut Anda juga.

4. Tidak Mencuci Rambut Selama Berhari-hari

Sangat disarankan bagi Anda untuk mencuci rambut atau keramas dalam dua hari sekali. Terlalu lama tidak mencuci rambut akan menyebabkan kotoran atau ketombe menumpuk terlalu banyak di kulit kepala. Jika sudah terlalu banyak kotoran atau ketombe di kulit kepala, jadi folikel rambut akan tertutup dan jika situasinya parah bisa mengakibatkan rambut sulit untuk tumbuh lagi.

5. Tidak Membilas Rambut dengan Air Dingin

Dengan menggunakan air panas atau air hangat akan mengakibatkan batang rambut Anda kering. Hasilnya, rambut Anda akan mudah mengalami kepatahan dan rontok. Dengan air panas juga akan mengakibatkan pori-pori kulit kepala Anda menjadi kering. Produksi minyak pun akan mengalami gangguan dan akan merusak akar rambut Anda. Apabila Anda memang mandi dengan menggunakan air hangat atau keramas dengan air hangat, sebaiknya cuci kepala Anda dengan air dingin.