Dampak Pengkonsumsian Suplemen Vitamin E dalam Dosis Besar

Dampak Pengkonsumsian Suplemen Vitamin E dalam Dosis BesarBagi pria, jika terlalu sering mengkonsumsi suplemen vitamin E dalam dosis yang tinggi, maka berhati-hatilah.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin E atau Selenium dalam dosis tinggi tidak memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Justru sebaliknya, hal tersebut malah akan meningkatkan risiko kanker prostat. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam Journal of National Cancer.

Resiko Mengkonsumi Suplemen Vitamin E dalam Dosis Besar

Vitamin E yang secara alami dapat ditemukan pada brokoli, bayam, dan kacang-kacangan, di mana nutrisi ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Sedangkan selenium adalah mineral yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Selenium sering didapatkan pada ikan dan daging.

Para ilmuwan mendapatkan bahwa asupan dosis besar kedua zat itu dapat meningkatkan risiko kanker prostat hingga 17 persen. Risiko tersebut bisa meningkat hingga 91 persen apabila seorang pria telah mengkonsumsi Selenium dalam dosis besar sebelum mengonsumsi suplemen itu secara rutin.

Alan Kristal, pemimpin penelitian, mengatakan jika pada awalnya, studi tersebut sebenarnya diarahkan untuk mengetahui secara detil apakah tambahan ekstra vitamin E dan selenium dapat membantu mencegah kanker prostat.

Sebaliknya adalah hasilnya diluar dugaan, peneliti justru mendapatkan lebih banyak masalah kanker prostat pada pria yang mengkonsumsi 400 IU vitamin E di setiap harinya dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi plasebo.

“Ini setara dengan 363 mg perhari, yaitu 30 kali jumlah harian yang direkomendasikan,” kata Alan. Risiko kanker prostat diketahui meningkat sebesar 63 persen pada pria dengan kadar selenium terendah pengonsumsi tambahan vitamin E.

“Banyak orang berpikir jika suplemen makanan dapat bermanfaat bagi kesehatan, atau setidaknya hal tersebut tidak berbahaya. Hal itu sangat tidak benar,” lanjutnya. Penelitian yang dimulai sejak tahun 2001 ini melibatkan sekitar 35.000 pria sehat berusia lebih dari 50 tahun.

Sesuatu yang baik namun apabila dilakukan berlebihan maka hasilnya tidak akan baik. Begitu pula dengan pengonsumsian suplemen vitamin E berlebihan, maka bukan manfaat kesehatan yang didapat malah sebaliknya. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda.