6 Cara Sederhana Agar Kulit Tetap Awet Muda

Tips Awet MudaKulit secara alamiah akan kehilangan elastisitasnya seiring dengan bertambahnya usia, tapi ada cara sederhana agar kulit tetap awet muda meski usia sudah memasuki usia 40 tahun keatas.

Kehilangan elastisitas kulit ini menyebabkan kulit nampak keriput dan tentu saja hal ini akan mengurangi kecantikan kita. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara sederhana agar kulit tetap awet muda mungkin ada baiknya untuk mengetahui sedikit mengapa kulit bisa keriput dan apa saja pemicunya.

Kulit keriput selain disebabkan karena kehilangan elastisitasnya juga bisa dipicu oleh kosmetika yang kita gunakan, pengaruh hormone serta kurangnya nutrisi kulit. Factor pemicu lainnya juga disebabkan karena kulit sering terpapar sinar matahari yang berlebihan. Beberapa factor pemicu tersebut menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan dari yang seharusnya.
Oleh karena itu cara sederhana untuk melawan keriput ini dapat dilakukan dengan menghindari pemicunya serta mencoba tips dan cara sederhana seperti dibawah ini agar kita kulit tetap awet muda dan tidak mudah keriput.

6 Cara Sederhana Agar Kulit Tetap Awet Muda

READ:  Manfaat Vitamin E Pada Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

1. Hindari Stress
Stres tidak hanya menjadi pemicu berbagai penyakit dan kesehatan organ tubuh kita tetapi juga dapat mempengaruhi hadirnya kulit keriput yang lebih cepat. Jadi salah satu cara sederhana agar tetap awet muda hindari stress dan wajah harus selalu ceria.

2. Menjaga Kebersihan Wajah
Menjaga kebersihan wajah sebelum menerapkan kosmetika ataupun disaat menjelang tidur dapat membuat kulit tetap fresh dan terhindar dari gangguan jerawat. Kulit wajah yang sering terkena jerawat secara tidak langsung dapat mempengaruhi jaringan bawah kulit dalam hal ini adalah kolagen kita.

3. Olahraga Secara Rutin
Pada wanita yang sering berolahraga dimasa muda membuat kulit mereka tetap kencang meskipun usia sudah terbilang tua.

Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat memperlancar aliran darah yang membawa nutrisi penting untuk kebutuhan kulit kita sehingga hal ini dapat mempertahankan produksi kolagen kulit sebagai bahan perekat agar kulit tidak mudah kendur.

Selain berolahraga secara rutin, kita bisa memanfaatkan beberapa kosmetika yang diperkaya dengan kolagen tapi tentunya dengan memilih kosmetika yang berbahan dasar alami.

READ:  7 Langkah Merias Mata untuk Acara Malam

4. Merawat dan Menutrisi Kulit Sejak Dini
Banyak wanita yang salah pengertian tentang perawatan kulit ini dan biasanya mereka baru berusaha melakukan perawatan kulit untuk memerangi penuaan jika sudah menemukan garis-garis halus pada kulit mereka.

Sebetulnya hal ini tidak salah tapi merawat dan memperhatikan nutrisi kulit sebaiknya dilakukan secara dini. Dan perlu kita ketahui pula bahwa tubuh akan mengalami penurunan produksi kolagen dalam rentang usia 25 hingga 35 tahun sehingga mengapa kecantikan kulit kita mulai memudar setelah usia 35 tahun keatas.

5. Istirahat yang Cukup
Jangan remehkan waktu istrahat malam kita karena disaat itu organ tubuh melakukan pembenahan pada sel-sel yang rusak termasuk dalam hal ini adalah meregenarasi sel-sel kulit yang telah mati sehingga kulit akan lebih segar dan awet muda.

Dengan istirahat yang cukup pula dapat mengembalikan vitalitas tubuh dan kesegaran pikiran yang kemudian dapat memberikan pengaruh positif pada kesehatan kulit kita.

READ:  Cara untuk Memiliki Rambut Panjang dan Sehat

6. Cukupkan Kebutuhan Nutrisi dan Hidrasi Kulit
Salah satu penyebab kulit cepat mengalami penuaan dan kehilangan elastisitasnya karena kurangnya nutrisi kulit utamanya Vitamin E, Vitamin A dan Vitamin C serta beberapa mineral dan senyawa penting lainnya.

Selain itu, cara sederhana agar kulit tetap awet muda yaitu dengan menjaga hidrasi kulit agar tetap lembab untuk menjaga yang namanya kulit kering karena kulit kering lebih mudah mengalami keriput dibanding dengan jenis kulit lainnya.

Jadi untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet tidak perlu yang mahal-mahal, cukup mencoba solusi atau cara sederhana diatas jika kulit kita ingin terlihat tetap awet muda.