5 Tips Merawat Rambut agar Sehat dan Indah

Cara Merawat Rambut Meskipun  rambut hanya terdiri dari sel-sel protein mati yang didorong melalui folikel akar rambut, namun akar rambut ini adalah sel hidup yang menyerap dan menyalurkan nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

Rambut kita sering dianggap sebagai mahkota sehingga sebaiknya selalu dirawat agar tetap sehat dan indah.  Perawatan rambut untuk tiap orang tidaklah harus selalu sama dan tergantung pada jenis rambut yang kita miliki.

Berikut adalah beberapa tips merawat rambut yang benar agar rambut kita tumbuh sehat dan nampak indah sepanjang hari seperti:

1. Menjaga dan merawat kebersihan rambut secara teratur
Menjaga kebersihan rambut sangat penting untuk menjaga rambut dari pertumbuhan jamur dan bakteri.

Gunakan sampo yang tepat untuk mencuci rambut setidaknya sekali seminggu. Sering berkeramas dengan menggunakan shampo dapat merusak kesehatan pada beberapa jenis rambut tertentu.

Pilih shampo berdasarkan jenis rambut kita ( kulit kepala berminyak, berketombe dan masalah lainnya).

READ:  Areola yang Hitam, Ringankan dengan Krim Pemutih

2. Perawatan berdasarkan kondisi rambut
Kondisioner rambut adalah proses pelunakan rambut dan memudahkan kita merawatnya. Disarankan agar anda menggunakan kondisioner yang baik setelah menggunakan shampoo untuk menghindari kerusakan rambut saat detangling.

Anda dapat membuat kondisioner yang baik dengan menambahkan secangkir cuka untuk satu liter air hangat. Gunakan air ramuan ini untuk bilasan terakhir pada rambut karena hal ini akan membuat rambut jadi lembut.

Membuat masker rambut alpukat tumbuk atau mayones karena masker ini kaya akan protein, lemak dan mineral yang dapat menyehatkan dan melembabkan rambut.

3. Hindari penggunaan produk rambut yang berlebihan
Kebanyakan produk rambut komersial telah dicampur dengan bahan kimia, pengawet, pewarna, parfum dan zat-zat lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Hindari penggunaan berlebihan pada produk perawatan rambut yang berbahan kimia dan untuk lebih amannya, gunakan bahan alami dalam merawat rambut anda.

READ:  Cara Mengatasi Bibir Gelap Akibat Nikotin

Membatasi atau menghentikan penggunaan gel rambut, spritz, semprotan rambut ataupun zat pewarna rambut.
Minyak zaitun, minyak cendana dan minyak jojoba merupakan bahan kimia alternatif yang baik untuk mendapatkan rambut kemilau dan kelembab sepanjang hari.

Selain itu, jus lemon segar juga baik untuk memberi kilauan pada rambut dan beberapa ramuan alami untuk rambut.
Ingat, cara alami untuk merawat rambut adalah cara yang paling aman karena tidak berbahan kimia. Sering menggunakan perawatan berbahan kimia dapat membuat kerontokan pada rambut ataupun mempercepat tumbuhnya uban.

4. Hindari Blow dryer
Sering menggunaan blow dryer, pengeriting rambut dan alat-alat styling panas lainnya dapat mengeringkan rambut. Selain itu, rambut yang sering terpapar efek panas dapat menyebabkan kerusakan rambut dalam jangka panjang.

Jika anda harus menggunakan alat-alat styling, lindungi rambut anda dengan balm atau gel agar rambut terhindar dari efek negatif penggunaan alat-alat tersebut.

READ:  Cara Menggunakan Gliserin Pada Bibir

5. Makanan yang baik untuk kesehatan rambut
Mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk kesehatan rambut dan menghindari konsumsi gula yang berlebihan. Sering mengkonsumsi Junk food memiliki efek negatif pada kekuatan dan keindahan rambut.

Diet suplemen , multivitamin, minyak ikan dan banyak minum air sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Hindari stres dalam kehidupan anda karena hal ini buruk bagi kesehatan rambut anda. Hidup tenang dan damai merupakan cara terbaik untuk kesehatan rambut anda.