Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

Cara Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun

Cara Anak Usia 9 Hingga 11 TahunSikap Kemandirian anak biasanya tumbuh diusia 9-11 tahun.

Pada usia ini pula, terkadang orang tua sangat sulit dalam melakukan pengawasan terhadap perkembangan dan kemandirian anak diluar rumah.

Pendidikan sifat kemandirian ini biasanya diawali dan di ilhami dari pengasuhan orang tua dirumah serta pengaruh lingkungan sosial disekitarnya.

Interaksi anak dengan lingkungan sosial bisa menciptakan pengaruh buruh pada pribadi anak ataupun sebaliknya.

Perubahan sikap dan perilaku anak sangat jelas terlihat diusia 9-11 tahun. Beberapa perubahan yang biasanya muncul dari dalam diri anak seperti:

- Mulai merasakan tantangan yang lebih dalam pendidikan akademis di sekolah.
– Meningkatnya sikap kemandirian dalam lingkup keluarga.
– Meningkatnya perhatian anak pada sesuatu yang dianggapnya lebih menantang.
– Mulai untuk membentuk perhatian persahabatan yang lebih kompleks.

Perubahan-perubahan seperti diatas sangat membutuhkan peran orang tua dalam menciptakan sikap kemandirian anak dalam hal yang positif.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak dalam menciptakan sikap kemandirian yang positif seperti:

- Meluangkan waktu untuk membicarakan tentang prestasinya disekolah, siapa saja teman dan sahabatnya serta tantangandan kendala yang yang sedang dihadapinya.

- Peran lain sebagai orang tua seperti terlibat langsung dengan segala kegiatan dan acara-acara sekolah anak yang membutuhkan kehadiran orang tua atupun meluangkan waktu untuk bertemu guru anak anda.

- Dorong anak anda untuk bergabung dengan kelompok-kelompok sekolah dan masyarakat, seperti kegiatan olahraga, kepanduan atau kegiatan sosial lain yang diadakan oleh pihak sekolah.

- Bantulah anak anda untuk mengembangkan rasa benar atau salah dalam dirinya serta bagaimana menanamkan rasa tanggung jawab anak.

- Memberikan pemahaman tentang konsekuensi dari sebuah kesalahan.

- Menjelaskan tentang hal-hal yang berisiko jika dilakukan, bagaimana menemukan teman sejati dan cara memilih sahabat yang positif.

- Membantu anak mengembangkan rasa tanggung jawab dengan melibatkan anak dalam tugas-tugas rumah tangga seperti memasak dan membersihkan.

- Membahas mengenai pentingnya menabung dan membelanjakan uang dengan bijak.

- Menjelaskan pada anak tentang pentingnya menghormati orang lain. Memotivasi anak untuk selalu membantu orang yang membutuhkan pertolongan.

- Memberi pemahaman tentang apa yang harus dilakukan ketika anak diperlakukan tidak sopan atau tidak baik terhadap dirinya.

- Bantulah anak anda untuk menetapkan tujuan serta cara mencapai cita-cita anak, memotivasi anak untuk berpikir tentang keterampilan bagaimana cara mengembangkannya.

- Buatlah aturan yang jelas, menerapkan sikap disiplin untuk membimbing dan melindungi anak agar berperilaku positif, bukan hukuman untuk membuatnya semakin berperilaku negatif.

Mendidik dan mengajarkan anak tentang sikap kemandirian serta bagaimana membawa diri dalam situasi dan suasana tertentu.

Menanamkan sikap disiplin serta kepercayaan diri dalam menggapai cita-cita mereka merupakan bentuk pengajaran anak yang sudah harus ditanamkan antara usia 9 hingga 11 tahun agar kelak anak menjadi manusia yang berguna bagi dirinya dan orang disekitarnya.


Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *