Metode Pengajaran Anak Usia 3 Hingga 5 Tahun

Cara mendidik AnakMetode pengajaran anak sebaiknya dimulai sejak usia dini  dan melalui beberapa tahapan beradasarkan usia, perkembangan dan kemampuan anak.

Pemilihan metode pengajaran anak yang tepat merupakan ide yang baik untuk melihat perkembangan anak selanjutnya.

Metode Pengajaran pada usia 3 tahun
Pada usia 3 tahun ini, anak selain masih disibukkan dengan permainan mereka, juga merupakan masa pengenalan segala sesuatu yang ada disekitar mereka.

Loading...

Oleh karena itu, pada usia ini orang tua sebaiknya memberikan metode pengajaran tentang bagaimana mereka bisa bersabar.

Menanamkan sikap bersabar pada anak lebih ditekankan pada cara orang tua tentang bagaimana merespon ketika mereka tidak mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan dengan segera.

Pelajaran sederhana menunda kepuasan akan menguntungkan mereka selama sisa hidup mereka.

Kegiatan: Katakan pada si kecil bahwa anda akan memberinya kue sekarang jika ia menginginkannya, tetapi anda akan memberinya dua bungkus kue jika dia mau menunggu sepuluh menit lagi.

READ:  Gejala Dini dan Pencegahan Persalinan Prematur

Lihat respon anak, apakah ia memilih untuk diberikan dengan segera meskipun hanya 1 bungkus misalnya, atau sikecil rela menunggu beberapa saat lagi untuk mendapatkan 2 bungkus kue tersebut.

Hikmah dari metode pengajaran ini adalah bagaimana melatih anak untuk bersabar dan menunggu untuk hasil yang lebih besar, daripada selalu melakukan sesuatu demi kepuasan instan saja.

Metode pendidikan anak pada usia 4 tahun
Salah satu bentuk pendidikan anak pada usia 4 tahun dengan menanamkan dasar-dasar cara menghitung sederhana dengan cara yang menarik misalnya bagaimana cara menghitung dengan konsep uang jajan mereka.

Kegiatan: Berikan uang jajanan anak anda dengan beberapa uang pecahan kecil sehingga mereka memulai menghitung sendiri berapa total jajanan mereka.

READ:  Cara Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun

Peran orang tua dengan tetap mendampingi sikecil untuk membetulkan disaat anak menemukan kesulitan untuk menghitungnya.

Hikmah: Anak akan terlatih dalam menghitung jumlah sesuatu benda yang ada disekitar mereka dan juga medidik anak dalam cara berhitung yang tepat.

Metode pendidikan anak pada usia 5 tahun

Pada usia 5 tahun saatnya anak memasuki dunia pendidikan formal seperti sekolah taman kanak-kanak (TK).

Disekolah TK mungkin anak mulai berinteraksi dengan teman sebaya mereka. Meniru gaya teman-teman mereka mulai dari buku, tas hingga jajanan teman sebaya anak sehingga mungkin anak-anak sering merengek-rengek untuk dibelikan yang serupa dengan apa yang dilihat anak.

Kegiatan: Beritahu anak anda bahwa anda tidak dapat membeli semua keinginan anak sehingga anak harus memilih barang-barang yang paling penting baginya.

READ:  5 Makanan Super Untuk Menambah Kecerdasan Anak

Dampak positifnya, dilain waktu anak anda melihat dua hal yang dia inginkan di toko, membuat dia memilih hanya satu.

Hikmah: Anak anda akan terbiasa hidup dengan mendahulukan hal-hal yang lebih penting dari kebutuhannya. Selain itu, kita telah mengajarkan pendiidikan ekonomi dan manajemen dimasa yang akan datang.

Metode pendidikan berdasarkan usia anak sangat penting untuk perkembangan anak selanjutnya. Melatih daya pikir anak dengan cara santai serta melatih kesabaran anak.

Semoga Metode Pengajaran Anak Usia 3 Hingga 5 Tahun diatas bisa membantu anda dalam mendidik dan mengajarkan anak pada hal-hal yang bersifat positif.

Loading...