Metode Pengobatan Skoliosis

Cara Mengobati SkoliosisSkoliosis yang ringan pada anak memang tidak menimbulkan masalah.

Namun Skoliosis biasanya akan mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan usia anak.

Metode Pengobatan Skoliosis ditentukan setelah menganalisis  beberapa faktor yang sering dijadikan pertimbangan sebelum menentukan pengobatan.

Loading...

Kematangan tulang belakang, lokasi, tingkat keparahan dan kelengkungan dan potensi pembengkokan berlanjut adalah beberapa faktor penentu.

Secara statistik telah ditemukan bahwa skoliosis ringan tidak menyebabkan masalah pada masa dewasa apabila terjadi anak laki-laki yang telah mencapai 17 dan perempuan 15 tahun.

Namun disarankan untuk melakukan pemeriksaan X-Ray setahun sekali untuk memastikan bahwa pembengkokan tulang tidak mengalami perkembangan pembengkokan setelah selesai pertumbuhan.

Metode Pengobatan Skoliosis

Bedah
Operasi untuk deformitas tulang belakang memiliki pendekatan yang berbeda. Seperti pendekatan posterior, anterior atau keduanya.
Cara pendekatan posterior, ahli bedah melakukan operasi melalui belakang pasien sementara pasien berbaring pada perut. Pada pendekatan anterior, ahli bedah memperbaiki deformitas tulang belakang dari depan tulang belakang.

Umumnya operasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan posterior, sedangkan pendekatan anterior diadopsi untuk beberapa jenis lain seperti lekukan tulang torakolumbalis.

READ:  Melakukan Olahraga Di Bulan Puasa

Dalam beberapa kasus, ahli bedah dapat merekomendasikan seecara anterior dan posterior operasi tulang belakang. Jika kurva tersebut sangat parah, kaku dan ketika upaya lain gagal.

Sebuah transplantasi tulang dilakukan untuk mempertemukan kesenjangan tulang pada tulang yang baru.

Cangkok tulang memanfaatkan beberapa bentuk cangkok tulang auto genous yang diambil dari tubuh pasien.

Tulang berasal dari tulang belakang pasien, rusuk atau panggul. Ketika serpihan dari tulang dikeluarkan dari bagian-bagian tertentu dari tulang belakang dan kemudian diluruskan pada daerah di mana fusi akan terjadi, ini disebut okulasi tulang lokal.

Ketika pembengkokan (kurva) terjadi pada tulang belakang dada dan satu tulang rusuk dapat menyebabkan tulang iga akan muncul pada ketinggian yang berbeda.

Perbaikan tulang rusuk sampai batas tertentu dengan pembedahan tulang belakang. Sebuah thoracoplasty dilakukan jika deformitas tulang rusuk tetap bahkan setelah operasi.

Metode Bracing
Perlakuan non-bedah hanya terutama untuk scoliosis idiopatik adalah brace up (menguatkan). Tujuan menguatkan adalah untuk mencegah perkembangan kurva seiring pertambahan usia anak.

READ:  14 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

Metode Bracing ini sering efektif dalam menghentikan perkembangan kurva skoliotik pada usia remaja.

Seorang dokter akan merekomendasikan brace tertentu dan jadwal bracing didasarkan pada beberapa faktor seperti lokasi dari kurva pada anak dan tingkat keparahan ataupun pembengkokan tulang.

Keberhasilan pengobatan bracing tergantung pada kepatuhan saat memakai penjepit belakang. Namun, mungkin ada saat-saat di kurva tulang belakang yang agresif terus berkembang meskipun telah dibracing.

Jika hal tersebut terjadi, langkah selanjutnya yang akan ditempuh yaitu operasi fusi tulang belakang.
Setelah operasi fusi tulang belakang ini ditempuh, pasien masih dapat memanfaatkan penjepit ini kembali untuk membantu menghambat perkembangan kurva sebelum berfungsinya fusi tulang belakang.

Metode TLSO
Metode TLSO (Thoracic Lumbar Sacral Orthosis) atau yang biasa disebut Brace Boston atau penjepit ketiak.

Penjepit ini berupa cetakan dari plalstik dan bekerja dengan menerapkan tiga titik tekanan ke kelengkungan untuk mencegah perkembangannya kurva.

READ:  Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Brace TLSO dapat dipakai 23 jam sehari dan dapat dilepas saat beraktivitas seperti berenang, bermain olahraga dan sebagainya.

Metode CTLSO
Metode Cervic Thoracic Lumbar Sacral Orthosis yang dikenal sebagai penahan Milwaukee ini mirip dengan brace TLSO tapi juga dilengkapi dengan cincin leher yang diperuntukan pada pembengkokan tulang dada belakang.

Metode Brace Charleston Bending
Metode Brace Charleston Bending juga disebut Brace waktu malam atau hanya dipakai saat tidur. Brace ini dibentuk hanya dapat efektif bekerja ketika pasien tidur menyisi.

Metode Yoga
Yoga bertujuan untuk memperkuat dan menyembuhkan Scoliosis pada tulang belakang. Yoga untuk meningkatkan konsentrasi dan memungkinkan sirkulasi darah pada semua daerah tubuh. Yoga juga memperkuat perut dan kaki dan mencegah pembengkokan tulang secara lateral.

Skoliosis yang ringan pada anak memang tidak menimbulkan masalah, namun biasanya pembengkokan ini akan mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan usia anak. Beberapa Metode Pengobatan Skoliosis ditentukan setelah menganalisis  beberapa faktor yang sering dijadikan pertimbangan sebelum menentukan pengobatan.

Loading...