Cara Mengatasi Rambut Kering Berdasarkan Penyebabnya

Mengatasi Rambut KeringCara Mengatasi rambut kering yang tepat adalah dengan memperhatikan penyebabnya. Penyebab rambut kering bisa dipicu oleh berbagai faktor baik dari dalam tubuh maupun karena pengaruh dari luar tubuh kita.

Tujuan mengatasi rambut kering berdasarkan penyebabnya sangat penting untuk memotong mata rantai penyebab kekeringan rambut.

Rambut kering bisa disebabkan karena masalah pada kelenjar sebasea, penyakit, bahan kimia, cuaca dan perawatan rambut yang salah.

Loading...

Untuk mengatasi rambut kering berdasarkan faktor penyebabnya, mungkin tak ada salahnya untuk mengetahuinya lewat pembahasan singkat berikut ini.

Cara Mengatasi Rambut Kering Berdasarkan Penyebabnya

  1. Mengatasi rambut kering karena masalah sebasea

Rambut kering terjadi karena minimnya minyak alami tubuh yang melumasi rambut kita. Minimnya minyak alami tubuh kita bisa disebabkan karena masalah pada kelenjar sebasea sehingga proses pengeluaran minyak (sebum) berkurang.

Untuk meningkatkan kelenjar minyak (sebasea) ini selain dengan sering melakukan pemijatan pada kulit kepala, hindari menggunakan penutup kepala yang ketat serta jangan lupa menutrisi kulit dengan baik.

2. Cara Mengatasi Rambut Kering karena Penyakit

READ:  Masker Pemutih Kulit yang Baik

Rambut kering juga bisa disebabkan oleh kondisi penyakit kronis. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan rambut mengalami kekeringan seperti seperti gangguan tiroid, kanker dan lain sebagainya.

Jika anda telah menempuh berbagai cara untuk mengatasi rambut anda namun kekeringan rambut terus saja mengganggu penampilan anda, mungkin cara terbaik adalah lakukan pemeriksaan kesehatan diri terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ada atau tidaknya keterkaitan antara kondisi kesehatan dan penyebab rambut kering yang anda alami

3. Cara Mengatasi Rambut Kering karena Bahan kimia

Terpapar bahan kimia bukan saja merusak kulit kita, tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut kita.
Penggunaan kosmetika berbahan kimia berbahaya seperti merkuri dan bahan kimia lainnya bisa merusak folikel rambut dan kelenjar minyak pada kulit sehingga menyebabkan kerontokan rambut maupun rambut kering.

Jika anda mengalami kekeringan pada rambut anda, mungkin tak ada salahnya untuk sedikit mencurigai kosmetika yang anda gunakan. Periksa dengan teliti kandungan kosmetika yang anda gunakan serta pastikan bahwa bahan-bahan tersebut aman untuk kesehatan.

READ:  Tips Memilih dan Menerapkan Eye Shadow yang Benar

4. Cara Mengatasi Rambut Kering karena Cuaca

Kondisi cuaca yang sangat panas bisa menyebabkan rambut kering. Hindari paparan sinar matahari langsung dengan melindungi bagian kulit dengan tabir surya. Guanakan pelindung kepala disaat anda berada diruang terbuka merupakan cara mengatasi rambut kering anda.

5. Cara Mengatasi Rambut Kering karena perawatan yang salah

Perawatan rambut yang salah tidak hanya menyebabkan kondisi rambut jadi kering, tetapi juga bisa memicu munculnya uban dengan cepat ataupun kerontokan pada rambut.

Sering mencuci rambut dengan menggunakan shampo yang salah akan menghilangkan minyak alami rambut. Pilih shampo yang bersifat melembabkan rambut anda seperti penggunaan sampo berbahan herbal.

Menerapkan pewarna rambut ataupun pomade berbahan kimia berbahaya sangat merugikan kesehatan rambut anda.

6. Cara Alami Mengatasi Rambut Kering

Selain dengan memperhatikan penyebab rambut kering, Perawatan rambut kering bisa dengan memanfaatkan beberapa bahan alami seperti dibawah ini:

  • Cuka apel untuk mengatasi rambut kering

Kandungan cuka apel seperti alpha-hidroxy acids (AHA) sangat baik untuk menghilangkan debu yang bercampur minyak tubuh pada kulit dan rambut kita.
Mengaduk cuka apel ½ gelas pada air biasa ¼ gelas untuk dijadikan bahan keramas sangat baik untuk mencegah kerusakan rambut kita.

  • Alpukat untuk mengatasi rambut kering
READ:  5 Jenis Herbal Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Kandungan buah alpukat seperti asam lemak dan nutrisi penting lainnya sangat banyak manfaatnya untuk menjaga kekeringan [ada kulit serta mengembalikan kelembaban pada rambut kering.

Membuat pasta kental berbahan alpukat sebagai bahan oles pada kulit kepala akan berkhasiat untuk menormalkan kelembaban rambut serta menguatkan akar rambut kita.

  • Kemiri untuk mengatasi rambut kering

Menyangrai daging buah kemiri kemudian menghaluskannya. Bubuk kemiri tersebut dicampur dengan air secukupnya lalu menerapka pada rambut kering akan memberi efek pelembab rambut serta dapat menghitamkan rambut secara alami.

Cara mengatasi rambut kering sebenarnya bisa diatasi tanpa harus mengunjungi salon kecantikan. Rambut kering dapat dengan mudah diatasi dengan menerapkan beberapa bahan pelembab rambut yang aman untuk kulit dan rambut kita.

Loading...