Sumber dan Manfaat Vitamin E Pada Kulit

Sumber Makanan Vitamin EVitamin E atau tokoferol dan manfaatnya untuk kulit sangat banyak, mulai dari mencegah kerusakan kulit, memperbaiki sel kulit yang rusak sekaligus merawat kulit agar tetap awet muda.

Dan untuk penjelasan yang lebih jelas apa sesungguhnya Vitamin E ini dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit, tak ada salahnya untuk mengikuti pembahasan seperti dibawah ini.

Tokoferil asetat adalah ester dari Tokoferol (qv) dan asam asetat. Tokoferol ini digunakan sebagai antioksidan dan dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Loading...

Manfaat Vitamin E terhadap kulit seperti:
Melindungi kulit dari polusi lingkungan
– Melindungi terhadap radiasi UV ( meskipun hal ini tidak dapat digolongkan sebagai tabir surya)
– Melembabkan kulit dengan baik.
– Mengandung zat yang bersifat dan bertindak sebagai anti-inflamasi sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kondisi peradangan di kulit merupakan penyebab utama penuaan kulit.
– Memiliki sifat penyembuhan luka baik
Terlepas dari semua manfaat VitaminE diatas, Vitamin E ini juga dapat meningkatkan dan membantu penetrasi senyawa lain ke dalam kulit.

1. Manfaat vitamin E dalam menangkal radikal bebas
Vitamin E memiliki afinitas alami untuk kulit tetapi jumlah vitamin E berkurang di kulit saat terkena paparan sinar matahari, polusi serta bahan oksidatif dalam tubuh yang menjadi penyebab pembentukan radikal bebas dari molekul oksigen yang tidak berpasangan.

Dampak yang ditimbulkan radikal bebas pada tubuh seperti merusak sel-sel kulit dan menghambat perbaikan sel yang rusak tersebut sehingga menyebabkan penuaan dini.

READ:  Tips Cantik Dengan Bahan Alami

Vitamin E adalah antioksidan yang sangat efektif, ikatan kimia oleh kelompok fenolik OH dari cincin chroman ini membantu untuk menghilangkan pembentukan radikal bebas. Dengan demikian manfaat Vitamin E ini dapat merusak reaksi berantai yang disebabkan oleh bebas radikal.

2. Manfaat Vitamin E dalam mengatasi paparan sinar matahari
Radiasi UV dari matahari adalah menyebabkan kulit terbakar serta menimbulkan berbagai reaksi negatif lainnya.
Dampak paparan sinar matahari dalam jangka pendek adalah gangguan kulit yang dikenal dengan eritema.

Eritema ini menyebabkan perubahan degeneratif dalam sel, menyebabkan bintik-bintik kulit dan menghilangkan elastisitas kulit, yang pada gilirannya akan menghasilkan kulit kering kasar, serta garis- garis keriput.

Pengaruh radiasi UV dari matahari lainnya adalah menyebabkan kulit menjadi fotosensitif serta rentan terhadap pertumbuhan kanker yang diawali dengan actinic keratosis atau solar keratosis lalu pada perkembangan lebih lanjut menjadi kanker melanoma.

Ketika vitamin E diterapkan pada kulit, pengurangan eritema, sel sunburn, mencegah kerusakan kulit kerusakan kulit.

Meskipun tidak ada perlindungan total dari matahari, kosmetik dan pelembab yang mengandung antioksidan, seperti vitamin E, vitamin C dan Beta-carotene, dapat menangkal kerusakan membran sel, DNA, dan protein kulit akibat oksidasi yang disebabkan oleh sinar matahari.

Bahan-bahan ini tidak bekerja seperti tabir surya, tetapi Vitamin E ini membantu meminimalkan reaksi yang bisa merusak kulit, terutama bila digunakan bersama dengan tabir surya.

READ:  10 Cara Mengatasi Bau Kaki yang Tidak Sedap

Ketika vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C dan diterapkan pada kulit, hal ini membantu untuk mengurangi pembentukan sel-sel kulit yang terbakar dan memberi perlindungan yang baik dari paparan sinar matahari.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa vitamin E melindungi fibroblast pada kulit. fibroblast adalah sel-sel yang membuat kolagen, glukosaminoglikan, serta serat elastis dan glikoprotein ditemukan dalam matriks ekstraselular dari kulit.

Hal ini juga penting untuk diingat bahwa ketika matahari mengekspos kulit, luka bakar yang ditimbulkan merupa kecoklatan pada kulit merupakan reaksi peradangan kulit, dan untuk menemukan kulit agar terlihat muda kembali dengan cara mencegah ataupun dengan mengurangi kondisi inflamasi (peradangan).

3. Manfaat Vitamin E untuk kelembaban kulit
Aplikasi topikal vitamin E juga telah terbukti efektif dalam mengurangi kerutan kulit dan memiliki sifat melembabkan kulit yang sangat baik. Selian itu, juga membantu mencegah hilangnya air karena penguapan kulit yang berlebihan.

4. Mencegah penuaan dini dan degenerasi DNA
Faktor penyebab penuaan kulit adalah karena ikatan polimer protein yang terjadi di kulit dan umumnya terjadi ketika kulit terkena radiasi UV. Dalam hal ini, vitamin E juga telah terbukti efektif dalam mencegah penuaan kulit serta melindungi enzim alami pada kulit.

Degenerasi DNA mengakibatkan masalah kulit, tetapi juga dalam penuaan dini. Telah terbukti bahwa aplikasi topikal vitamin E juga mencegah degenerasi DNA serta mencegah bentuk kerusakan sel lainnya.

READ:  Manfaat dan Sumber Utama Vitamin E

5. Vitamin E sebagai anti oksidan
Vitamin E merupakan salah satu lemak terbaik (lipid) berbasis antioksidan. Stres oksidatif menyebabkan radikal bebas, dan jika mereka tidak dikurangi atau dihilangkan, mereka menyebabkan kerusakan pada sel.

Stres oksidatif ini juga disebabkan oleh metabolisme sel normal, tetapi diperparah oleh berbagai faktor lingkungan, termasuk radiasi UV, polusi, asap maupun logam berat.

Vitamin E melindungi sel dan membran sel dari stres oksidatif akibat radikal bebas dan polusi lingkungan.
Terlepas dari sifat antioksidan, juga membantu untuk melembabkan kulit dan bahkan lebih penting membantu dengan perbaikan jaringan, sehingga menjaga kulit dalam kondisi baik.

6. Vitamin E dalam penyembuhan luka
Dalam tes yang dilakukan, ditemukan bahwa larutan yang mengandung 5% asetat Vitamin E mengurangi waktu penyembuhan dari waktu yang dibutuhkan.

Vitamin E diperlukan untuk menjaga kesehatan kolagen yang merupakan sistem pendukung dalam kulit serta membantu kulit untuk tetap sehat.

Sumber makanan Vitamin E
Sumber utama Vitamin E banyak ditemukan pada minyak kedelai, aspargus, minyak biji gandum, strawberry , minyak jagung, kacang-kacangan, pisang, alfalfa, selada , biji bunga matahari, buncis, dan sayuran berwarna hijau.

Vitamin E atau tokoferol dan manfaatnya untuk kulit sangat banyak, mulai dari mencegah kerusakan kulit, memperbaiki sel kulit yang rusak sekaligus merawat kulit agar tetap awet muda. Semoga pembahasan singkat mengenai Manfaat dan sumber Vitamin E Pada Kulit diatas dapat mengingatkan kita akan pentingnya vitamin ini untuk dikonsumsi.

Loading...