Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

Sumber dan Manfaat Mineral Seng untuk Kesehatan

Dampak Kekurangan SengKesehatan lebih berharga dari harta dan dan kekayaan yang kita miliki. Prinsip ini mungkin sangat tepat bagi orang selalu menjaga kesehatan mereka.

Untuk menjaga kesehatan, kita memerlukan nutrisi yang seimbang dalam diet sehari-hari. Tubuh selain membutuhkan segala bentuk dari Vitamin juga membutuhkan mineral serta beberapa unsur penting lainnya.

Dalam memenuhi nutrisi tersebut, kita sering kali melupakan unsur Zink atau Seng ini, padahal mineral esensial ini sangat banyak manfaatnya. Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan mengenai manfaat mineral Zinc untuk kesehatan seperti:

Sumber dan Manfaat Mineral Seng untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imun tubuh
Defisiensi zinc dapat menekan sistem kekebalan tubuh melalui gangguan makrofag dan fungsi neutrofil. Zinc juga berperan penting dalam pembentukan imun tubuh dan aktivitas thymocyte lymphocytes (jenis sel darah putih) .
Rendahnya tingkat zinc pada tubuh akan menyebabkan kerentanan terhadap pneumonia (radang paru-paru) dan beberapa jenis infeksi lainnya pada anak-anak dan orang tua.

2. Mempercepat kesembuhan luka
Manfaat mineral Zinc ini yaitu dapat mempercepat penutupan luka atau kesembuhan luka dan berperan penting dalam memelihara membran mukosa.

Jika unsur seng ini terpenuhi maka pada tubuh yang sedang mengalami luka akan lebih cepat kesembuhannya dibanding dengan orang yang defisiensi mineral esensial ini.

3. Mempercepat kesembuhan diare
Peningkatan asupan zinc dalam tubuh akan mengurangi tingkat keparahan sekaligus mempercepat kesembuhan diare pada anak-anak.

4. Mencegah kerusakan mata
Kerusakan retina mata yang disebabkan karena faktor usia dapat diminimalisir dengan mencukupi asupan Zinc dalam tubuh kita. Asupan makanan tinggi seng, serta vitamin C, E, dan beta-karoten sering dikaitkan dengan penurunan kerusakan mata (Degenerasi makula) karena faktor usia.

Penyebab Defisiensi Seng

  • Alkohol

Penyebab defisiensi seng ini bisa terjadi pada individu yang sering mengkonsumsi alkohol. Defisiensi ini terjadi karena keberadaan alkohol dalam darah akan menghambat penyerapan seng dalam tubuh sekaligus dapat meningkatkan sekresi seng melalui kemih.

  • Vegetarian

Pada orang yang sering mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian lebih lanjut mengandung phylates yang berfungsi untuk mengikat mineral seng ini. Pada individu yang kurang mengkonsumsi kacang-kacangan umumnya mengalami defisiensi seng ini.

  • Wanita hamil dan menyusui

Pada ibu hamil sering mengalami defisiensi seng , hal ini disebabkan karena unsur seng tersebut sebahagian besar diserap oleh janin untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Sementara pada wanita menyusui bayinya sebahagian besar unsur seng tersebut diserap oleh bayi untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu bagi wanita hamil dan ibu menyusui sangat rentan terhadap devisiensi Seng dalam tubuh mereka.

  • Gangguan pada saluran pencernaan

Gangguan pada saluran pencernaan atau yang biasa disebut gastrointestinal seperti penyakit Crohn atau kolitis granulomatosa (infeksi usus), ulcerative colitis (peradangan kronis pada usus besar), sindrom usus pendek, dan penyakit pencernaan lainnya dapat menghambat penyerapan zinc dan menurunkan kadar seng pada tubuh.

  • Mengkonsumsi suplemen besi

Mengkonsumsi suplemen besi dalam dosis tinggi sangat mempengaruhi penyerapan zinc dalam tubuh,.
Untuk mengurangi efek ini, sebaiknya mengkonsumsi suplemen besi sebaiknya beberapa jam setelah makan untuk memberi kesempatan Seng ini terserap dengan baik oleh tubuh kita.

  • Sumber utama makanan seng

Sumber utama mineral seng dapat ditemukan pada banyak ditemukan pada beberapa daging hewan, susu, makanan dari laut (sea food) maupun pada keluarga kacang kacangan.

Dampak negatif kelebihan seng

Seng sangat bermanfaat untuk kesehatan kita namun demikian, jangan pula mengkonsumsi Seng ini secara berlebihan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Dampak negatif kelebihan Seng dalam tubuh akan menyebabkan gangguan pada lambung serta mual atau muntah.

Mineral esensial Seng sangat penting untuk kesehatan, orang yang defisiensi Seng sangat rentan terhadap gangguan  seperti pencernaan, daya ingat melemah dan gangguan organ lainnya.





Berikan Komentar