3 Cara Efektif Mengobati Penyakit Panu

Penyakit panu atau yang biasa dikenal dengan Pityriasis versicolor merupakan penyakit kulit yang dapat menular dari penderita kepada orang yang sehat baik melalui kontak langsung maupun melalui perantara seperti handuk, baju, keringat dan lain sebagainya. Penyakit panu disebabkan oleh jamur Pityrosporum ovale dan biasanya berkembang pada daerah yang lembab, hangat dan gelap.

Beberapa penyebab lain timbulnya panu bisa disebabkan oleh cuaca lembab atau panas, faktor kehamilan, faktor genetika, pengaruh pil kontrasepsi KB atau obat golongan steroid dan faktor genetik.

Penyakit jamur ini bisa menyerang didaerah kulit kita seperti pada daerah selangkangan (tinea cruris), kaki (tinea pedis), kulit kepala (tinea capitis) atau pada badan (tinea corporis).

Kulit yang terserang jamur menunjukkan gejala seperti munculnya bercak-bercak putih, coklat atau merah, hal ini sangat tergantung pada warna kulit penderita. Bentuknya awalnya bulat dan dalam jangka lama bulatan tersebut saling menyatu sehingga terkadang menyerupai gambar cicak atau buaya dan lain sebagainya. Selain itu, permukaan kulit yang terserang panu biasanya lebih tebal dan jika diraba terasa kasar dan apabila digaruk akan bersisik putih. Biasanya kulit yang terserang panu terasa gatal terlebih lagi jika kulit sedang berkeringat.

READ:  Sumber Makanan dan Manfaat Asam Folat

3 Cara efektif mengobati penyakit panu selain menggunakan obat OTC (tanpa resep dokter) dan obat resep dokter juga dapat disembuhkan dengan ramuan obat herbal alami.
Beberapa ramuan herbal alami untuk mengobati panu yang bisa dibuat sendiri dirumah seperti:

1.Herbal alami dengan belimbing
Belimbing wuluh selain sebagai bahan pengasaman ikan dan ramuan bumbu masakan, belimbing wuluh sangat manjur dalam mengatasi penyakit panu. Untuk membuat ramuan tersebut guanakan belimbing wuluh 12 buah, asam 3 biji dan kapur sirih secukupnya lalu tumbuk hingga halus kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu. Lakukan cara ini dua kali sehari agar memberi efek pengobatan yang lebih cepat.

2.Herbal alami dengan jeruk nipis
Untu mengobati panu yang kambuhan, gunakan ramuan jeruk nipis ¼ bagian kemudian ditaburi dengan bubuk belerang lalu gosokkan pada permukaan kulit yang terserang panu. Untuk hasil yang lebih efektif sebaiknya dilakukan pada saat habis mandi.

READ:  10 Manfaat Cuka untuk Kesehatan

3.Herbal alami dengan bawang putih
Bawang putih selain pengharum masakan juga dapat dijadikan obat herbal penghilang panu. Gunakan potongan siung bawang putih lalu gosokkan pada kulit yang terkena panu. Dengan melakukan cara diatas secara rutin tiga kali sehari hingga panu anda mengering dan mengelupas.

Panu merupakan penyakit kulit yang mudah menular, oleh karena itu hindari kontak langsung dengan penderita ataupun pakaian penderita. Jika anda terlanjur terseranng panu, tak ada salahnya mencoba 3 cara efektif mengobati panu diatas.