7 Cara Mengatasi Penyakit Eksim

7 Cara Mengatasi Penyakit EksimEksim adalah salah satu penyakit kulit yang dapat menyerang hampir pada semua umur di mana kulit megalami rasa gatal, merah, kulit pecah-pacah dan kering. Beberapa tempat umum munculnya eksim seperti pada siku, lutut, dan pipi serta pada bagian kulit lainnya.

Penyebab eksim ini belum dapat dipastikan namun beberapa penelitian menyimpulkan bahwa munculnya eksim sangat berhubungan dengan kondisi lingkungan yang kurang sehat, faktor genetik, alergi dan menurunnya sistem imun untuk memproteksi kulit dari serangan bakteri dan jamur dan mokroorganisme parasit lainnya.

Pada umumnya penderita eksim ini disebabkan oleh candida albicans (salah satu jenis jamur parasit). Sebenarnya candida ini dapat dikontrol oleh bakteri baik yang hidup dalam tubuh kita namun sayangnya penggunaan obat antibiotik, kortison, alkohol, pil pengontrol kehamilan dan makanan cepat saji telah mengurangi pertumbuhan bakteri baik tersebut sehingga pertumbuhan candida ini tidak terkendali lagi sehingga memicu munculnya penyakit eksim. Selain itu ketidak keseimbangan produksi hormon dan kemoterapi sangat berhubungan dengan pertumbuhan eksim pada kulit kita.

Loading...

Ada cara cepat untuk mengatasi eksim dengan pengobatan steroid yang namun hanya untuk jangka pendek dan dan dengan dosis ringan. Kortikosteroid ini dapat mempengaruhi sistem imun dan sistem lainnya dalam tubuh kita. Kebanyakan dokter juga meresepkan hidrokortison yang merupakan pengobatan untuk eksim.

READ:  Perkembangan Janin pada Usia 9 Hingga 13 Minggu Kehamilan

Untuk kasus yang parah eksim, steroid oral merupakan pengobatan yang dianjurkan. Beberapa steroid seperti triamcinolone digunakan melalui injeksi namun injeksi steroid ini diresepkan hanya dan untuk waktu yang singkat karena akan mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya dalam jangka menengah dan jangka panjang.

Pengobatan eksim selain dengan penggunaan obat resep dokter juga dapat diatasi dengan cara alami, diet sehat dan gaya hidup yang sehat.

7 Cara Mengatasi Penyakit Eksim

1. Dehidrasi
Salah satu gejala awal eksim yaitu kulit nampak kering dan pecah-pecah hal ini menandakan bahwa tubuh kita kekurangan cairan (Dehidrasi). Mengkonsumsi air setidaknya 8-10 gelas air per hari merupakan cara terbaik untuk menghambat pertumbuhan eksim. Mengkonsumsi banyak air membantu untuk membuang racun dalam tubuh kita dan menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik.

READ:  Gejala Ovulasi dan Manfaatnya dalam Merencanakan Kehamilan

2. Meningkatkan probiotik

Probiotik dapat digunakan pada orang dewasa dan anak-anak yang menderita penyakit eksim. Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang biasanya ditemukan dalam sistem pencernaan dan membantu dalam mengeliminsi bakteri parasit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3.Obat topikal

Obat topikal alami lainnya seperti oatmeal, air laut, air belerang dan perawatan chiropractic dapat kita gunakan untuk mengatasi penyakit eksim kulit.
Pengobatan alami lainnya seperti aloevera, rumput laut, minyak jarak, ekstrak calendula dan shea butter merupakan cara terbaik untuk kita gunakan. Selain itu jangan menggunakan pakaian yang berbahan dasar serat buatan.

4.Madu Asli
Madu asli memiliki sifat antibakterial dan sangat digunakan dalam hal perawatan kecantikan kulit. Untuk pengobatan beberapa penyakit kulit termaksuk dalam mengobati eksim, cukup dengan mengoleskan madu asli pada permukaan kulit yang terkena dampak dan biarsejenak sebelum dibilas dengan air bersih.

5. Melembabkan Kulit

Menjaga kelembaban kulit merupakan hal penting dalam merawatan kulit yang terkena eksim. Gunakan pelembab dari ramuan alami atau kosmetika pelembab lainnya. Namun sebelum anda menerapkan kosmetika pelembab berbasis kimia sebaiknyaterlebih dahulu konsultasikan pada dokter kulit anda karena tidak semua jenis pelembab cocok pada semua jenis kulit.

READ:  9 Penyebab Nyeri Pada Pangkal Paha

6. Hindari stres
Stres sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh dan melemahkan sistem imun kita, oleh karena itu pentingnya memanajemen stres dengan istirahat yang cukup, mencukupi nutrisi dan olah raga secara teratur.

7. Terapi
Pada orang rentan terhadap eksim, hal ini penting diperhatikan adalah menjaga kelembaban kulit, hindari pemakaian sabun yang sifatnya keras, produk beraroma kuat, dan deterjen. Selain itu, hindari pakaian ketat dan kain sintetis.

Penyakit eksim dapat menyerang pada hampir semua bagian dari kulit dan dapat diderita oleh semua umur. Rasa gatal yang ditimbulkan serta dapat membuat kerusakan pada permukaan kulit sehingga perlunya mengambil tindakan pengobatan untuk menyingkirkan penyakit eksim ini secepat mungkin. Cara mengatasi penyakit eksim dapat dilakukan melalui penanganan dokter maupun dengan cara alami. Semoga 7 cara mengobati penyakit eksim diatas bisa membantu anda dalam mengatasi penyakit ini.

Loading...