Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

6 Cara Menangani Penyakit Flu pada Anak

6 Cara Menangani Penyakit Flu pada AnakMusim hujan biasanya terjadi diawal tahun dengan cuaca yang sangat dingin dan udara sangat lembab. Dalam kondisi yang demikian tubuh kita sangat rentan terserang berbagai macam penyakit seperti pilek, sakit tenggorokan, demam dan flu utamanya pada terjadi anak-anak.

Flu dan batuk merupakan penyakit yang seringkali menyerang anak-anak utamanya pada balita. Flu dan batuk yang disebabkan oleh kondisi cuaca yang dingin membuat anak menjadi rewel dan kehillangan nafsu makan sehingga kita sebagai orang tua biasanya dibuat bingung dalam menghadapi keadaan yang demikian.

Jika anak anda terserang flu atau batuk hal yang terpenting yang anda harus lakukan untuk memberi pertolongan pada anak.

6 Cara Menangani Penyakit Flu pada Anak

1. Perbanyak minum air
Minum banyak cairan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang melalui bersin dan batuk.

2. Istirahat yang cukup
Jika anak anda sedang kurang enak badan karena flu, usahakan anak mendapatkan istrahat yang cukup agar tubuh senantiasa memproduksi imun tubuh untuk melawan Virus yang menyebabkan anak anda terserang flu.

3. Menjaga suhu kamar
Dalam kondisi cuaca yang dingin dan lembab, usahakan kamar tidur anak terasa sejuk dan hangat. Jika anak anda menggigil, selimuti tubuh anak hingga tubuh anak berkeringat karena biasanya dengan tubuh yang mengeluarkan keringat dapat meringankan flu anak.

4. Hubungi dokter anak
Jika anda bermaksud memberikan OTC untuk mengurangi ferkwensi batuk anak anda terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter ahli anak karena sebahagian besar OTC ini tidak dipebolehkan untuk dikonsumsi oleh anak dibawah 4 tahun. Beberapa obat yang mengandung antihistamin, dekongestan dan obat batuk belum tentu dapat meredakan flu dan batuk anak dan justru dapat berefek negatif pada kesehatan anak dalam jangka panjang.

5. Pemilihan Obat
Hindari pemberian aspirin pada anak yang berusia 18 tahun kebawah karena dapat menyebabkan sindrom Reye (penyakit yang berhubungan dengan kerusakan otak dan hati setelah mengalami kesembuhan dari infeksi virus).

6. Ramuan alami untuk flu anak
Jika anak anda terserang flu, cobalah membuat ramuan alami untuk flu anak dengan
menyuruh anak untuk berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat. Air garam dapat membantu meringankan rasa sakit pada tenggorokan anak. Jika hidung anak tersumbat dan susah untuk bernafas, cobalah menetesi air garam pada hidung anak karena hal ini dapat membantu melonggarkan pernafasan karena lendir yang menyumbat pada saluran pernafasan anak.

Penyakit flu yang dipicu oleh kondisi cuaca yang dingin dan udara yang lembab sehingga meningkatkan perkembangbiakan virus pada tubuh kita. Dengan adanya sistem imun dalam tubuh kita melawan virus tersebut maka tubuh akan mengalami berbagai kondisi seperti menggigil, demam disertai muntah atau sakit kepala.
Walaupun flu merupakan penyakit menular namun anda tak perlu khawatir, cukup dengan melakukan 6 cara menangani flu pada anak diatas insya Allah flu anak akan teratasi dengan cepat.


Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *