4 Cara Mengatasi Kulit Ketiak Yang Gelap

Salah satu daerah kulit yang sering mengalami kulit gelap adalah kulit pada lipatan ketiak hal ini bisa disebabkan oleh selain faktor gesekan antar kulit, hiperpigmentasi dan anatomi, kesalahan dalam merawat kulit ketiak juga dapat menyebabkan warna kulit ketiak menjadi gelap. Kesalahan perawatan yang paling umum dapat disebabkan oleh penggunaan deodorant maupun karena seringnya mencabut atau mencukur bulu ketiak.
Keseringan mencabut bulu ketiak atau mencukur bulu ketiak akan menyebabkan luka lecet mikro dan pada saat luka lecet tersebut sembuh akan meninggalkan luka penyebab kulit gelap. Selain itu, waxing juga dapat menyebabkan trauma pada kulit ataupun luka lecet.
Untuk mengatasi masalah kulit ketiak yang gelap selain dengan bantuan tenaga medis juga dapat diatasi dengan cream pemutih yang berbahan dasar lemon karena cream berbahan dasar vitamin C sangat baik untuk mencerahkan kulit ketiak sekaligus mengontrol pengeluaran keringat kita.

4 Cara mengatasi kulit ketiak yang gelap

READ:  5 Rahasia di Balik Wajah yang Cantik

1. Lemon dan bubuk tawas
Untuk mengatasi masalah kulit ketiak yang gelap coba gunakan ½ buah lemon sebagai bahan gosok pada ketiak anda. Gosok dengan gerakan melingkar kemudian taburkan bubuk tawas pada ketiak lalu biarkan beberapa saat lamanya.

2. Lemon dan madu
Gunakan jus lemon 1sdm lalu menambahkan madu 1 sdm kemudian aduk hingga rata. Gunakan campuran tersebut sebagai bahan oles pada ketiak yang mengalami kulit gelap. Biarkan selama setengah jam baru di bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari sebelum anda mandi.

3. Yoghurt
Gunakan yoghurt pada ketiak yang gelap akan membantu mengembalikan kulit gelap menjadi putih kembali secara berangsur-angsur. Cukup membuat pasta dari 2 sendok makan yoghurt segar dan menambahkan gram halus 1 sdm. Terapkan pasta ini ke ketiak anda dan biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit. Gunakan secara rutin pasta ini setiap hari untuk mempercepat pemutihan kulit ketiak anda.

READ:  Cara Merawat Kulit Sensitif untuk Mengatasi Jerawat

4. Eksfoliasi secara teratur
Selain kulit wajah, kulit ketiakpun memerlukan pengelupasan kulit (Eksfoliasi). Gunakan scrub yang lembut untuk membersihkan kulit ketiak anda minimal dua kali seminggu untuk menghindari menumpuknya sel kulit yang mati.

Selain Cara mengatasi kulit ketiak yang gelap diatas, cobalah menghindari beberapa penyebab kulit ketiak menjadi gelap. Beberapa penyebab kulit ketiak menjadi gelap seperti seringnya terjadi gesekan antar kulit, hindari memakai kain berbahan polyester atau pakaian sintetis, hindari menggunakan hair removal cream sesering mungkin dan jaga kebersihan kulit ketiak anda.