Cara Meningkatkan Kecerdasan dan Bakat Alami Anak

Cara Meningkatkan KecerdasanSetiap anak berpotensi menjadi cerdas dan kecerdasan anak sangat dipengaruhi oleh orang tua, guru disekolah dan lingkungan. Sistem dan metode tepat yang diajarkan kepada anak akan memberi hasil positif dalam meningkatkan kecerdasan anak. Selain metode dan sisitem pengajaran yang tepat, pemenuhan nutrisi untuk otak sangat menentukan perkembangan otak dan kesehatan anak dimasa yang akan datang.

Untuk meningkatkan kecerdasan anak yang diperankan oleh pengajaran orang tua dirumah, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang tua merupakan pengajar yang paling pertama memberikan sentuhan ilmu. Orang tua mengajarkan anak untuk bicara dengan memperkenalkan nama suatu benda, mengajarkan cara penyebutan benda yang benar melalui bahasa lisan. Selain itu mengajarkan anak suatu ilmu melalui pendengaran ( audio) seperti beberapa lagu yang khusus diciptakan untuk anak-anak.

READ:  4 Tips Mencegah Anak Menjadi Korban Pedofilia

Dengan memberikan pelajaran melalui audio maupun visual anak dirumah akan merangsang IQ anak dimasa yang akan datang.
Selain potensi kecerdasan yang dimiliki oleh anak, secara alamiah anak terlahir dengan memiliki bakat dan potensi yang dapat dikembangkannya sendiri atau bengan bantuan orang tua, lingkungan maupun kondisi yang ada. Hal ini tergantung pada sejauh mana peran tersebut pada peningkatan bakat anak.

Salah satu pintu masuk untuk meningkatkan kecerdasan dan peningkatan bakat alami anak, yaitu melalui kemampuan untuk dapat membaca dan menulis. Selain orang tua, guru disekolah bertanggung jawab langsung dalam hal ini.

Cara belajar untuk meningkatkan kecerdasan tentunya dengan cara-cara yang bijaksana dengan pembelajaran secara bertahap dan berkesinambungan agar otak dapat bekerja sesuai dengan kapasitasnya.

READ:  4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak

Pendekatan cara belajar untuk setiap anak tentunya sangat berbeda, dan setiap pendekatan akan memperoleh manfaat dari pendekatan tersebut baik dimasa sekarang maupun yang akan datang.

Beberapa hal yang sangat penting bagi pengajar dan pendidik anak yang baik adalah dengan menanamkan prinsip peduli akan kecerdasan anak.

Para pendidik yang benar-benar peduli akan perkembangan kecerdasan anak tentunya akan memberi pendekatan cara meningkatkan semangat minat belajar anak dan anak merasa enjoy dalam menerima pelajaran(tanpa merasa tertekan dan merasa takut salah). Pendidik yang profesional tentunya tidak pernah merasa jenuh, bosan ataupun menyimpan rasa marah ketika mereka mentransfer ilmu pada anak didik mereka.

Lingkungan adalah Segalanya. Lingkungan bukan hanya sekedar untuk dilihat dan didengar anak sebagai media pembelajaran yang positif tetapi juga dapat memberikan dampak yang negatif pada perkembangan bakat dan kecerdasan anak.

READ:  Mengenal Gangguan Penyakit Mental pada Anak

Cara meningkatkan kecerdasan dan bakat alami anak sangat memerlukan peran orang tua, guru lingkungan dan anak itu sendiri. Ke empat komponen ini sebaiknya selalu sinergis dan berkesinambungan untuk menghasikan anak yang cerdas dan memiliki keterampilan yang mumpuni.