8 Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Selangkangan Paha

Rasa Gatal Pada Selangkangan PahaSelangkangan paha merupakan lahan subur untuk perkembangbiakan bakteri mengingat kulit pada selangkangan ini selalu tertutup. Selain karena tertutup, pada selangkangan ini juga sering mengalami kelembaban dan terasa hangat sehingga sangat rentan mengalami gangguan kulit akibat bakteri maupun jamur.

Perkembangbiakan bakteri ataupun jamur yang tidak terkendali pada lipatan kulit akan mengakibatkan beberapa gangguan kulit lainnya yang bisa menimbulkan rasa gatal. Jika kita sering menggaruknya maka hanya memperburuk kondisi kulit tersebut. Selain dapat meninggalkan warna gelap pada lipatan kulit (selangkangan paha) juga hanya mempermudah penyebaran jamur ke daerah lain bahkan hingga ke wilayah alat vital kita.
Untuk mengetahui pasti penyebab gatal pada lipatan paha tersebut perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter kulit yang berpengalaman.

READ:  Jenis dan Cara Mengatasi Skoliosis

Untuk mengatasi rasa gatal pada lipatan paha yang masih dalam kondisi ringan biasanya dokter memberikan resep berupa salep anti jamur atau salep anti bakteri. Anda juga dapat membeli obat yang mengandung ketoconazole, mizonazol dan fungasol untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme tersebut.

8 Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Selangkangan Paha

1. Selain dengan obat berbahan kimia, cobalah memanfaatkan obat tradisional seperti asam gelugur dan asam kendis untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan anda.

2. Cara lain untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda juga dapat mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda.

READ:  7 Manfaat Garam sebagai Obat Alternatif

3. Yang perlu diperhatikan selama proses penyembuhan, gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha tidak lembab.

4. Jangan menggunakan celana ketat atau sempit karena hanya membuat kulit pada lipatan paha anda panas dan mengeluarkan banyak keringat.

5. Gunakan pakaian bersih dan selalu mengganti pakaian dalam terutama jika pakaian tersebut dalam keadaan lembab akibat keringat.

6. Mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antiseptik untuk memerangi pertumbuhan bakteri ataupun jamur pada selangkangan.

7. Menjaga kebersihan kulit terutama pada selangkangan paha dan daerah lipatan kulit lainnya.

8. Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh agar mampu melawan segala mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit kita.

READ:  Penyebab Penyakit Parkinson dan Alzheimer

Kulit pada selangkangan paha atau pada lipatan kulit lainnya merupakan lahan subur bagi pertumbuhan mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit. Menjaga kebersihan pribadi, lingkungan dan mengkonsumsi nutrisi untuk menigkatkan sistem imun tubuh merupakan cara praktis terhindar dari gangguan kulit akibat jamur ataupun bakteri.

Semoga 8 Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Selangkangan Paha diatas dapat membantu mempercepat kesembuhan rasa gatal pada daerah selangkangan paha anda.