5 Tips Mempererat Ikatan Batin Antara Orang tua dan Anak

Setiap orang tua memiliki cara yang berbeda dalam hal mendidik dan mengasuh anak. Hal ini tergantung dari kondisi lingkungan, waktu maupun pengetahuan orang tua tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik agar anak dapat tumbuh sehat, cerdas serta bermoral yang baik. Dampak positif dari pengasuhan anak yang baik nanti setelah anak beranjak menadi dewasa kelak.

Dewasa ini pengasuhan anak masih dititik beratkan sepenuhnya pada ibu sebagai pengasuh anak dirumah sementara ayah lebih fokus pada pencarian nafkah keluarga. Pada hal sebenarnya pengasuhan anak dan mendidik anak adalah tanggung jawab kedua orang tua.
Seiring dengan tuntutan ekonomi terkadang kedua orang tua sibuk diluar rumah untuk mencari nafkah keluarga sementara pengasuhan anak diserahkan pada baby sitter. Menyerahkan tanggungjawab dalam pengasuhan anak kepada orang lain akan memberikan dampak negatif pada ikatan batin antara orang tua dan anak sehingga jangan heran jika dijaman modern ini makin banyak tumbuh generasi yang sulit dikontrol.

READ:  5 Kebiasaan Orangtua Membuat Anak Susah Tidur

Jadi untuk mencegah munculnya generasi yang kehilangan moralitas dan kehilangan panutan karena hubungan bathin antara anak dan orang tua yang renggang sebaknya diawali dari lingkungan keluarga sendiri. Beberapa rangkuman cara mendidik anak untuk memperkuat ikatan batin antara orang tua dan anak seperti dibawah ini:

Loading...

5 Tips Untuk Mempererat Ikatan Batin Antara Orang tua dan Anak
1. Menghabiskan waktu dengan anak-anak
Menghabiskan waktu bersama anak-anak dan keluarga adalah kunci untuk memperkuat ikatan batin antara anak dan orang tua. Selain itu meluangkan waktu untuk bermain bersama anak akan menciptakan keluarga bahagia.

2. Menghargai dan menyayangi anak
Menyayangi anak bukan karena orang tua mampu menafkahi anak atau sekedar mengabulkan permintaan anak melainkan memberikan contoh keteladan dan memberi rasa bahagia pada anak. Jangan biarkan anak-anak anda merasa kesepian dan terisolasi. Perilah penghargaan atas keberhasilan anak meskipun keberhasilan hanya biasa saja.

READ:  Manfaat Menjadi Pendengar Setia Anak

3. Mempererat ikatan antar anggota keluarga
Luangkan waktu anda untuk mengunjungi keluarga dari pasangan anda ataupun dengan keluarga besar anda. Memperkenalkan keluarga lainnya, secara tidak langsung anda telah mengajarkan anak dalam berinteraksi sosial.

4. Belajar sambil bermain

Sebagian besar orang tua lebih memilih mengajar anak-anak mereka sepanjang hari dan mengabaikan bermain dengan anak. Hal yang demikian akan membuat anak merasa bosan dengan rutinitas anak. Jadi, menyeimbangkan waktu antara bermain dan mengajarkan anak budi pekerti yang baik akan membuat anak sangat senang.

5. Memperhatikan anak-anak
Salah satu cara pengajaran anak yang baik adalah dengan memperhatikan segala keluh kesah anak dan mampu memberikan solusi atau nasihat yang baik agar anak merasa diperhatikan dan terlindungi dari keluarga.

READ:  5 Cara Mendidik Anak agar Bisa Mandiri

Mengasuh anak sebenarnya tanggung jawab kedua orang tua mereka dan usahakan jangan menitipkan anak dibawah pengasuhan baby sitter karena hal ini akan membuat ikatan batin antara anak dan orang tua akan menjadi renggang.

5 Tips Untuk Mempererat Ikatan Batin Antara Orang tua dan Anak diatas semoga bermanfaat buat orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang patuh dan taat pada orang tuanya sekaligus mampu menghargai orang lain.

Loading...