5 Tips Memilih Busana Berdasarkan Bentuk Tubuh

Gaya berpakaian atau berbusana yang tepat sangat menunjang seseorang untuk bisa tampil lebih enjoy dan mempesona. Bentuk tubuh bukanlah masalah untuk bisa tampil cantik asalkan kita memperhatikan model pilihan yang cocok untuk body kita. Dengan melihat gaya pakaian yang sangat variatif dewasa ini, tak mengherankan jika kita terkadang keliru dalam memilih pakaian yang serasi buat kita, hal ini juga biasa terjadi karena kita selalu memaksa diri untuk mengikuti gaya fashion yang lagi ngetrend dan tak peduli serasi atau tidaknya pakaian dengan body kita.

Mengikuti model fashion terkini memang tak ada salahnya asalkan body benar-benar mendukung penampilan kita. Untuk pemilik body langsing tak jadi masalah apapun pakaian yang mereka kenakan akan tetap terlihat mempesona, lain halnya bagi mereka yang berbody gemuk ataupun postur yang lebih pendek.

Jika anda salah satu pemilik body yang pendek atau terlihat kegemukan anda harus lebih berhati-hati dalam memilih dan mengenakan pakaian, jangan sampai hal ini hanya menjadi ledekan.
Beberapa tips dalam memilih gaya pakaian yang pas berdasarkan bentuk tubuh seperti di bawah ini mungkin tak ada salahnya untuk anda coba agar anda terlihat lebih mempesona.

READ:  Cara Memakai Jilbab Modern yang Trendy

5 Tips Memilih Busana Berdasarkan Bentuk Tubuh

1. Gaya pakaian untuk body gemuk
Untuk pemilik body yang sedikit gemuk dan pinggul sedikit lebar, pakaian yang paling tepat untuk anda kenakan adalah pakaian yang tidak lebih pendek dari lutut anda. Aturan yang sama juga berlaku untuk model kurtis.

2. Gaya pakaian untuk gadis berbentuk buah pir
Untuk kawula muda terutama para gadis yang sangat memperhatikan penampilan namun terkendala dengan body pir anda dan atau gadis yang memiliki paha yang besar sebaiknya memilih model pakaian dengan rok A-line atau kurti. Walaupun gaya ini terbilang bukan gaya baru lagi namun anda akan terlihat lebih mempesona ketimbang memilih rok yang panjang untuk kondisi body anda.
Bentuk leher pakaian dengan model leher- V atau halter top akan memunculkan pesona yang lebih feminim untuk body anda.

READ:  4 Model Jeans Yang Paling Populer

3. Model pakaian untuk pinggang yang besar
Buat gadis-gadis dengan pinggang besar atau apel disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang sabuk tebal. Sebaliknya harus mengenakan gaun menutupi pinggang mereka. Jika anda bermaksud ingin mengenakan ikat pinggang, pilihlah ikat pinggang dengan model rantai atau sabuk selempang.

4. Model pakaian untuk gadis berlengan besar
Jika anda memiliki ukuran lengan yang sedikit besar, hindari menggunakan pakaian dengan model lengan cut karena akan terlihat lebih jelek. Jadi, pilih gaun yang memiliki lengan kuartal tiga-empat .

5. Model pakaian agar terlihat ramping
Jika anda memiliki body yang sedikit bongsor dan ingin terlihat lebih ramping, sebaiknya memakai gaun atau pakaian dengan model V neck di bagian depan dan sedikit lancip kebawah. Selain model leher berbentuk V (V- neck ) anda bisa memilih model lainnya seperti halter neck dan model busana scoop neck.

Model busana halter neck yaitu busana dengan atasan tak berlengan dan hanya menggunakan pita tipis yang melilit dileher. Model halter neck ini akan membuat anda terlihat lebih ramping dengan menonjolkan ukuran leher terlihat agak tinggi untuk menyeimbangkan lebar badan anda.

READ:  Potongan dan Gaya Rambut Keriting Berdasarkan Bentuk Wajah

Busana dengan bentuk leher bagian depan menyerupai bentuk huruf U yang biasa dikenal dengan busana model scoop neck. Model busana tanpa lengan sangat cocok dipakai bagi mereka yang berbadan sedikit besar dan dapat memberi kesan lebih ramping bagi mereka yang mengenakannya. Model busana tanpa lengan ini biasa disebut dengan model boat neck.

Model busana atau pakaian sangat menentukan penampilan anda , oleh karena itu kita sebaiknya harus teliti dan pandai- pandai dalam memilih model pakaian. Cara memilih pakaian yang baik adalah memilih pakaian yang disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Harga pakaian yang mahal bukan jaminan untuk bisa tampil lebih cantik dan terkadang malah sebaliknya justru akan merusak penampilan anda. Semoga tips memilih busana berdasarkan bentuk tubuh diatas dapat membantu anda dalam menentukan pilihan yang tepat untuk anda kenakan.