5 Cara Merawat Rambut Kering Yang Baik

Rambut adalah salah satu mahkota wanita yang harus dijaga dan dirawat agar tidak mudah mengalami kerusakan. Kerusakan rambut dapat disebabkan oleh banyak faktor, selain karena faktor cuaca, kerusakan rambut juga dapat disebabkan karena kurangnya nutrisi penting yang dibutuhkan rambut dan faktor kesalahan dalam merawat rambut.

Beberapa nutrisi penting untuk kesuburan rambut seperti protein, vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks, vitamin C, yodium dan beberapa unsur lainnya. Kekurangan pada beberapa unsur tersebut dapat mempengaruhi kesuburan dan kelembaban rambut sehingga dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh.

Rambut kering merupakan penyebab umum dari kerusakan rambut, oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan rambut. Dan yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika rambut kita terlanjur mengalami yang namanya rambut kering, apa yang sebaiknya kita lakukan untuk mengembalikan kelembaban rambut anda.

Loading...
READ:  Krim Obat Panu di Area Selangkangan, Bahaya atau Tidak?

5 Cara Merawat Rambut Kering Yang Baik

1. Minyak hangat untuk rambut kering

Cara mudah dan efektif untuk mengembalikan kelembaban rambut dengan perlakuan minyak panas. Cukup dengan merendam rambut kering anda pada minyak kelapa yang telah dihangatkan. Setelah itu terapkan sedikit minyak kelapa tersebut pada kulit kepala anda sambil melakukan pemijatan pada kulit kepala anda. Langkah selanjutnya adalah dengan membungkus kepala anda dengan handuk yang telah dilembabkan dengan air hangat. Biarkan handuk membungkus kepala anda selama 20 menit sebelum mencucinya dengan shampo hingga bersih.

2. Perawatan rambut menggunakan telur
Salah satu cara sederhana untuk mengatasi rambut kering dengan memanfaatkan telur sebagai bahan alami. Cara membuat ramuan ini dengan mengambil sebutir telur kemudian tuang kedalam mangkuk kecil yang telah diisi sedikit air hangat. Aduk hingga rata sebelum menerapkannya pada kulit kepala. Lakukan pemijatan dengan lembut pada kulit kepala sejenak sebelum anda membilasnya hingga bersih. Untuk menghilangkan bau amis pada rambut anda,  gunakan shampo pelembab yang harum.

READ:  Kurang Kosentrasi karena Stres? Ini Solusinya

3. Vitamin E untuk perawatan rambut kering
Vitamin E merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan  rambut dan kulit kepala. Gunakan vitamin E tersebut sebagai bahan campuran shampo anda. Cara perawatan ini merupakan cara instant untuk membantu melembabkan dan memberi cahaya pada rambut anda.

4. Pisang untuk mengatasi rambut kering
Pisang memiliki sifat pelembab yang sangat baik dan sangat efektif mengatasi rambut kering. Lumatkan 2 buah pisang yang telah masak dan campur dengan madu 1 sdm kemudian aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada rambut. Pastikan bahwa rambut anda telah terolesi dengan baik sebelum melakukan pencucian rambut hingga benar-benar bersih.

5. Telur dan madu untuk mengatasi rambut kering.
Untuk mengembalikan kelembaban rambut yang kering, cobalah dengan mengkocok sebutir telur yang telah dicampur dengan madu 1sdt, minyak almond 1 sdm dan minyak kelapa 1 sdm kemudian aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada rambut anda dan biarkan selama lima belas menit sebelum dibilas dengan menggunakan sampo.

READ:  3 Cara Mudah Untuk Menentukan Masa Subur Wanita

Cara merawat rambut kering dengan ramuan alami sebaiknya dilakukan secara rutin hingga rambut anda kembali normal. Menjaga diet untuk memenuhi nutrisi rambut dan melakukan olahraga secara rutin akan mempercepat penyembuhan rambut kering anda.

Loading...