Cara Mengobati Uvula Bengkak

DEWONG.COM – Uvula merupakan bagian tubuh yang yang letaknya berada dalam organ di area tenggorokan (faring). Uvula masih banyak dari para ilmuan dan para pakar dokter mencari apa fungsi sehingga ada daging yang tergantung pada tenggorokan. Mereka menguji beberapa percobaan pada orang yang memiliki uvula dan orang yang tidak memiliki uvula dengan jalan pemotongan, atau disebut dengan istilah uvulopalatopharyngoplasty.

cara-mengobati-uvula-bengkakDari hasil peneltian, ditemukan banyak teori menarik tentang uvula ini. Berikut adalah beberapa hal ilmuwan telah memperkirakan tentang uvula dari waktu ke waktu:

  • Orang yang tidak memiliki uvula sering merasakan haus dan tenggorokan kering saat sedang berbicara. Mereka juga kesulitan untuk makan karena makanan jadi lebih sulit ditelan.
  • Uvula membantu mendorong makanan dan air yang masuk ke dalam mulut untuk melewati kerongkongan dan masuk ke dalam perut.
  • Uvula berfungsi untuk mengatur gerakan refleks tenggorokan saat kita ingin muntah.
READ:  Terapi untuk Mata Minus

Walaupun terlihat kecil ternyata uvula memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Lalu pertanyaannya apakah uvula ini bisa juga merasakan sakit seperti bengkak? Pembengkakan uvula kemungkinan terkait dengan radang tenggorokan (faringitis). Adakah nyeri menelan? Rasa kurang nyaman di tenggorokan? badan meriang, atau flu dan batuk?

Loading...

Penyakit radang tenggorokan ini seringkali berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh, oleh sebab itu hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

  • Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.
  • Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral (buah-buahan, sayuran). Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.
  • Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologis
  • Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda.
  • Dapat dibantu dengan menghisap-hisap tablet antiseptik yang dijual bebas. Sekali lagi, tablet hisap ini tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.
READ:  9 Manfaat Berhubungan Badan untuk Kesehatan

Bila nyeri tenggorokan berlangsung selama 5 hari atau lebih, maka kemungkinan besar telah ada infeksi bakteri dan Anda membutuhkan antibiotik. Kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan antibiotik yang sesuai dengan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Loading...