Manfaat Menjadi Pendengar Setia Anak

Cara mengasuh anak yang baik adalah dengan menyediakan kehidupan yang layak, memberikan perlindungan yang aman, memberikan kehangatan dan membantu mengenalkan cara berbersopan santun yang baik pada anak. Selain itu, menanamkan budi pekerti yang baik serta menjadi pendengar yang baik untuk anak.

Menjadi pendengar setia anak merupakan cara pengasuhan dan pendidikan yang sangat berharga untuk anak ketika mereka beranjakdewasa kelak.

Berikut adalah beberapa saran bagi orang tua untuk menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak mereka.

Loading...

Bersemangat mendengarkan cerita dan celoteh anak
Bersemangat mendengarkan cerita dan celoteh anak merupakan pelajaran yang baik untuk anak setelah mereka beranjak dewasa nantinya. Mereka akan meniru apa-apa yang pernah mereka lihat, dengar dan rasakan.

Bersemangat mendengarkan cerita dan pertanyaan anak
Bersemangat mendengarkan certa anak dalam semua hal baik itu sifatnya celoteh, pertanyaan atau bahkan lelucon anak. Terkadang orang tua merasa bosan menjawab pertanyaan anak yang berulang-ulang dan hanya membiarkan anak bertanya tanpa jawaban yang tepat. Orang tua sebaiknya memahami kondisi anak yang baru mulai mengenal dunia luar.

READ:  4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak

Menyempatkan waktu untuk menjadi pendengar yang baik.
Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik untuk mengembangkan keterampilan pengasuhan yang baik! Untuk menjadi pendengar yang baik dibutuhkan waktu dan kesabaran. Tapi, hasilnya sangat besar ketika anak anda kelak menjadi dewasa.

Hentikan pekerjaan
Ketika anak sedang bertanya atau ingin bercerita pada anda disaat anda sedang melakukan aktivitas yang sifatnya tidak begitu penting, tak ada salahnya jika anda menghentikan kegiatan anda sejenak dan jika perlu dekati anak sambil duduk bersamanya dan mendengarkan apa yang mereka ingin sampaikan.

Menatap dan mempelajari bahasa tubuh anak.
Ketika anak sedang berbicara atau bercerita meskipun cerita itu sudah sering kita dengar darinya jangan pernah mengacuhkan anak. Tataplah mata dan seluruh tubuh anak dan pelajari bahasa tubuhnya. Apakah dia sedang bersedih, marah dan merasa jengkel atau pada kondisi perasaan lainnya. Dengan demikian anak merasa diperhatikan dan kelak dia menjadi anak yang penuh perhatian pada orang tuanya.

READ:  Cara Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun

Jangan menyela Pembicaraan Anak.
Salah satu cara pengasuhan anak yang baik yaitu tidak menyela atau mengganggu pembicaraan yang sedang berlangsung . Biarkan anak anda bercerita hingga selesai barulah anda berbicara atau berkata padanya. Dengan demikian, secara tidak langsung kita sudah mengajarkan dan memberi contoh pada anak untuk bersikap sopan dan hormat pada orang yang sedang berbicara .

Beri dorongan semangat!
Jika anak anda ragu-ragu untuk berbicara atau berhenti bicara, cobalah mengajukan pertanyaan sederhana untuk memancing anak dalam melanjutkan ceritanya. Dengan demikian anak merasa bahwa apa yang dia sampaikan itu sangat menarik sehingga anak anda lebih bersemangat lagi untuk bercerita. Manfaat memberikan semangat untuk bercerita, ketika dia beranjak dewasa dia sudah terlatih mengolah otak dan pikirannya sehingga dia akan menjadi orator yang hebat kelak.

READ:  5 Tips Mempererat Ikatan Batin Antara Orang tua dan Anak

Menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak anda merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi anak kelak dan akan menjadi keuntungan besar bagi orang tuanya. Mendidik anak tidaklah sekedar menafkahinya saja tetapi lebih dari sekedar itu. Menanamkan budi pekerti yang luhur dan mendidik anak gar manusia yang berguna adalah tujuan utama dalam mengasuh anak.

Loading...