Loading...

Khasiat Buah Delima untuk Mengobati Cacingan

DEWONG.COM – Buah delima atau lebih akrab disebut Pomegranate ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Saat ini, buah delima bisa dikategorikan sebagai salah satu tanaman yang langka sehingga buahnya pun akan sangat sulit ditemui.

Walahpun langka, tapi bukan berarti tanaman buah delima ini tidak ada. Di kampung kampung masih bisa dijumpai tanaman buah delima tumbuh subur di kebun atau di pekarangan rumah.

Pohon delima sendiri memiliki buah yang unik dengan hampir seluruh buah yang bisa dimakannya berbentuk biji. rasanya manis sedikit asam segar, tapi selaput di antara biji dan cangkang buahnya memiliki rasa yang pahit.

Loading...

Khasiat Buah Delima untuk Mengobati Cacingan

Di Indonesia sendiri dikenal ada tiga jenis buah delima, diantaranya adalah delima merah, delima ungu dan delima putih. Ketiga jenis buah delima ini memiliki zat antiradical bebas yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Buah delima yang memiliki bentuk buah yang unik ini sering disebut juga sebagai buah surga. Akar dan kulit buah delima sendiri mengandung senyawa alkaloid peletierin yang dikenal sangat ampuh untuk mematikan cacing.

Beberapa cacing dalam tubuh yang bisa dibasmi dengan menggunakan buah delima adalah cacing kremi, cacing pita dan juga cacing gelang.

Adanya senyawa alkaloid peletierin secara alami akan membuat cacing yang menempel di usus terlepas dan ikut larus bersama feses atau kotoran. Karena khasiatnya tersebut, maka buah delima ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak anak maupun para penderita cacingan.

Tips dan Cara Membuat Ramuan Delima untuk Mengobati Cacingan

Membuat ramuan delima untuk mengobati cacingan tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan akar pohon buah delima yang masih segar lalu keringkan dalam panas terik matahari.

Jika Anda kesulitan untuk mencarinya sendiri, Anda bisa mendatangi toko toko obat tradisional atau toko obat obatan China. Setelah Anda mendapatkannya, Anda bisa langsung mengolahnya untuk menjadi obat cacingan.

  • Siapkan sekitar 7 gram akar delima yang sudah kering, lalu potong potong hingga berukuran sangat kecil.
  • Rebus akar delima tersebut dalam satu gelas air putih hingga mendidih selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah mendidih, padamkan api lalu diamkan sampai dingin.
  • Saringlah air rebusan akar pohon delima tersebut sehingga yang tersisa hanya airnya saja.
  • Minumlah air rebusan akar pohon delima tersebut secara rutin minimal setiap satu kali dalam satu hari.

Untuk pengobatan cacingan yang sudah parah, Anda bisa memberikan ramuan akar pohon delima ini dua kali dalam sehari. Tapi untuk pencegahan, Anda bisa meminum ramuan akar pohon delima ini satu kali dalam tiga hari.

Konsumsilah ramuan akar pohon delima sesuai dengan takaran agar khasiatnya bisa dirasakan tanpa efek samping yang berarti. Kami sarankan juga untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi ramuah akar pohon buah delima karena jika berlebihan, maka akan menimbulkan efek pusing, lemas dan bahkan mengaburkan penglihatan mata.

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi ke dokter terdekat agar cacingan tidak semakin parah. Karena penyakit cacingan sendiri merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya.

Menjaga pola makan dan gaya hidup sehat juga membawa peran yang sangat penting untuk penyembuhan penyakit cacingan. Untuk itulah selain mengkonsumsi ramuan akar pohon delima, Anda juga disarankan untuk menjaga pola makan dan memulai gaya hidup sehat.

***

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai cara mengatasi penyakit cacingan dengan memanfaatkan ramuan akar pohon buah delima. Semoga tips dan cara yang kami bagikan diatas bermanfaat untuk Anda.

Khasiat Buah Delima untuk Mengobati Cacingan | Dewong.com | 4.5