Loading...

Manfaat Minyak Kelapa Pada Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa Pada KesehatanKelapa dan minyak kelapa salah satu makanan super jika dilihat dari kandungan nutrisinya sehingga kelapa dan minyaknya sering digunakan sebagai bahan ramuan alami dalam meningkatkan kecantikan kulit, rambut serta untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan.

Seperti halnya dengan masalah kelebihan berat badan, tingginya kadar kolesterol dalam darah, tekanan darah tinggi, minyak kelapa sering digunakan sebagai bahan terapi alami untuk mengatasi masalah kesehatan diatas.

Dan sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat buah kelapa dan minyaknya untuk kesehatan kita, mungkin ada baiknya juga jika terlebih dahulu membahas mengenai kandungan nutrisi yang ada padanya dan sekaligus sebagai alasan dibalik kemampuan buah ini dalam meningkatkan kesehatan kita.

Nutrisi Hadir dalam Minyak Kelapa

Loading...

Sekitar 92% dari minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh. Tapi tidak perlu panik karena sebagian besar dari minyak tersebut dalam bentuk asam lemak rantai menengah yang memiliki beberapa efek positif pada kesehatan.
Berikut adalah nutrisi yang ada dalam minyak kelapa, seperti:

• Asam lemak jenuh
• Asam lemak tak jenuh tunggal: Asam oleat
• Asam lemak tak jenuh ganda: Asam linoleat
• Polifenol: asam fenolik
• vitamin E
• vitamin K

Nah sekarang kita akan melihat manfaat buah kelapa dan minyak kelapa bagi kesehatan kita serta alasan dibalik kemampuan minyak kelapa ini.

Minyak kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kombinasi unik dari asam lemak yang memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi kognitif, melawan infeksi dan melindungi kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat minyak kelapa pada organ jantung

Salah satu manfaat kesehatan yang paling efektif dari minyak kelapa karena merupakan sumber utama asam lemak rantai pendek dan rantai sedang yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dengan mencegah risiko aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Asam lemak ini sangat berbeda dari asam lemak rantai panjang yang biasa ditemukan dalam minyak sayuran.

Minyak kelapa diperkaya dengan asam laurat yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dan mempertahankannya pada tingkat yang normal dengan cara meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik) dan menurunkan tingkat LDL (kolesterol jahat)dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh peradangan pada dinding arteri.

Menurunkan berat badan

Cara yang paling efektif dan menyehatkan untuk menurunkan berat badan yaitu melalui diet penurunan berat badan yang terencana dan olahraga secara rutin agar proses penurunan berat badan lebih cepat hasilnya.

Salah satu makanan sehat dalam mempercepat penurunan berat badan yaitu dengan menyertakan minyak kelapa dan daging buah kelapa dalam makanan sehari-hari anda.

Manfaat minyak kelapa untuk menurunkan berat badan yang sangat terkenal. Asam lemak rantai pendek dan menengah yang hadir dalam minyak kelapa akan mempercepat metabolisme dan mefungsikannya sebagai sumber energi secara langsung dan bukannya disimpan lama sebagai lemak.

Minyak kelapa sebagai sumber energi utama tubuh

Minyak kelapa merupakan sumber energi yang membantu dalam meningkatkan daya tahan dan performa fisik.
Dengan sebahagian besar asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa ini sangat mudah diserap oleh saluran usus dan ditransfer langsung ke hati untuk diubah menjadi energi daripada yang dirilis dalam aliran darah. Mekanisme ini memberikan peningkatan energi yang instan bagi tubuh yang membantu dalam mengurangi kelelahan kronis, kelemahan, cepat loyo dan kurang energi.

Minyak kelapa dalam meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat antioksidan yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi pada minyak kelapa ini memiliki sifat antivirus, antibakteri dan antijamur. Hal ini disebabkan oleh asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat yang hadir dalam minyak kelapa sebagai alasan dibalik sifat-sifat minyak ini.

Dengan menyertakan minyak kelapa atau hasil olehan dari daging buah kelapa akan membantu tubuh dalam memerangi virus, bakteri dan protozoa dan mengurangi terjadinya influenza, infeksi tenggorokan, flu, pilek, bronkitis, infeksi saluran kemih, herpes dan gonore.

Minyak kelapa pada kesehatan pencernaan

Manfaat lain yang efektif dari minyak kelapa adalah karena perannya sebagai obat alami untuk gangguan pencernaan.
Trigliserida rantai menengah seperti asam laurat dalam minyak kelapa mampu melawan parasit dan bakteri patogen yang menyebabkan peradangan kronis di usus dan memperbaiki pencernaan kembali.

Minyak kelapa juga mengatur gerakan usus dan mencegah risiko kejadian wasir. Sifat anti inflamasi minyak kelapa sangat membantu dalam menenangkan dan menghilangkan peradangan dan mengobati gangguan pencernaan seperti ulcerative colitis, penyakit Crohn, sembelit, Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan Candida.

Nah demikianlah kandungan nutrisi yang ada dalam kelapa dan minyaknya diatas semoga bisa menambah perbendaharaan makanan alami yang anda masukkan dalam menu diet anda.

Manfaat Minyak Kelapa Pada Kesehatan | Tim Redaksi | 4.5