Loading...

7 Diet Pilihan Untuk Meningkatkan Kesuburan

7 Diet Pilihan Untuk Meningkatkan KesuburanDengan meningkatnya komplikasi kesuburan dan keguguran, Banyak pasangan muda yang hingga saat ini belum bisa mendapatkan kehamilan tentunya sangat mengkhawatirkan akan masalah kesuburan mereka.

Alasan untuk infertilitas sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, dan salah satunya adalah ketidaksuburan karena gangguan ovulasi.

Jika anda dan pasangan anda sedang mencoba untuk hamil maka ada langkah-langkah sederhana tertentu yang dapat anda coba untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Loading...

Tapi sebelum kita membahas mengenai makanan yang dimaksudkan diatas, terlebih dahulu kita akan melihat alasan-alasan dibalik infertilitas pada wanita.

Beberapa penyebab umum dari ketidaksuburan pada wanita meliputi:

• Masalah hormonal
• Ovarium bekas luka
• Menopause dini
• Masalah follicle
• Cacat bawaan
• endometriosis

Tapi terlepas dari point-point diatas, ada beberapa diet pilihan untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Dan anda bisa lihat pembahasannya dibawah ini.

1. Buah dan sayuran berwarna

Buah-buahan dan sayuran berada pada peringkat paling untuk membantu mendapatkan kehamilan. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran diutamakan untuk mendapatkan dosis harian vitamin C dan sekaligus sebagai antioksidan alami. Mikro nutrisi dan fitokimia yang hadir dalam buah-buahan dan sayuran akan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif yang menimbulkan ancaman bagi organ reproduksi dan ovum.

MENgkonsumsi banyak buah seperti lemon, jeruk, mangga, apel dan sayuran berwarna seperti merah dan hijau paprika, brokoli, bayam, wortel, tomat, ubi jalar, kacang polong dan kubis adalah diet terbaik yang anda coba dirumah.

2. Minuman susu dan produk olahannya

Susu dan produk susu dianggap makanan yang sangat menyehatkan dan sangat membantu untuk mendapatkan kehamilan yang lebih cepat.

Asupan harian susu dan produk susu menaikkan produksi hormon kesuburan wanita FSH dan LH yang dapat meningkatkan kemungkinan untuk dapat hamil.

Mengkonsumsi makanan lezat seperti keju, yogurt dan dadih adalah diet pilihan anda karena mereka merupakan sumber yang kaya kalsium untuk pembangunan tulang dan protein yang mempersiapkan tubuh untuk pembuahan.

3. Lemak Ikan

Lemak ikan adalah salah satu makanan kesuburan terbaik bagi perempuan yang sarat dengan kesehatan diuntungkan asam lemak omega 3. Ikan seperti salmon, herring, sarden dan makarel merupakan sumber asam lemak omega 3.

Dan telah tebukti bahwa Omega 3 mampu meningkatkan rasio prostasiklin / tromboksan pada wanita yang membantu dalam menyelesaikan komplikasi kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke uterus. Dan nutrisi ini juga sangat berguna selama dan setelah kehamilan.

Omega 3 dapat mengurangi risiko kelahiran prematur dan meningkatkan pertumbuhan janin dan juga membantu dalam mengembangkan otak bayi.

4. Daging tanpa lemak

Pilihlah daging hewani dari ayam dan daging sapi dalam diet kesuburan anda, karena kedua jenis hewani ini menjadi sumber protein dan sarat dengan mineral seperti zat besi, magnesium, seng bersama dengan vitamin B6 dan B12 yang sangat penting untuk kesuburan.

5. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat adalah nutrisi yang paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Tapi anda lebih baik memilih kompleks seperti roti gandum, kacang-kacangan, oatmeal, beras merah, kacang-kacangan. Dan kacang-kacangan akan memperlambat proses pencernaan dan mencegah tiba-tiba naik tingkat insulin yang memiliki efek positif pada kesuburan.

Karbohidrat sederhana seperti tepung putih halus, nasi putih dan makanan manis lainnya yang bisa meningkatkan gula darah dan kadar insulin dalam darah secara tiba-tiba yang dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi dan mengganggu siklus menstruasi.

6. Zat besi dan zinc

Zat besi dan zinc juga sangat penting simasukkan dalam diet kesuburan wanita karena kekurangan zat besi telah dikaitkan dengan infertilitas.

Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anovulasi (kurangnya ovulasi) dan kesehatan telur yang buruk. Kekurangan zat besi juga menyebabkan perkembangan angka yang lebih rendah dari RBC yang menyebabkan anemia yang mencegah pasokan yang optimal oksigen ke rahim dan ovarium yang melemahkan telur.

Mineral Zinc sendiri merupakan mineral yang sangat penting untuk berfungsinya sistem reproduksi wanita. Zinc diperlukan untuk pematangan telur, itu diperlukan untuk mempertahankan tingkat cairan folikel dan itu adalah mineral yang membantu dalam menjaga tingkat optimal estrogen, progesteron, dan testosteron selama siklus menstruasi.

7. Folat

Makanan yang kaya folat atau asam folat adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Asupan asam folat yang teratur yang dikombinasikan dengan zat besi sebelum pembuahan telah terbukti untuk mencegah risiko cacat lobus saraf pada bayi.

Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan produksi DNA, dan kekurangan asam folat dalam tubuh dapat menyebabkan suatu bentuk tertentu anemia dan menyebabkan komplikasi pada kesuburan.

Jadi sangat ideal untuk mengambil 400-800 mg folat sebelum dan selama kehamilan untuk memastikan kehamilan yang sehat dan mencegah cacat lahir pada bayi. Beberapa sumber alami asam folat termasuk sayuran berdaun hijau gelap, sereal, buah jeruk, kacang-kacangan, lentil dan kacang-kacangan.

Nah bagi anda sebagai pasangan baru yang ingin sekali mendapatkan kehamilan namun anda kesulitan untuk bisa hamil, maka mungkin tak ada salahnya untuk mengikuti beberapa saran diet diatas.

7 Diet Pilihan Untuk Meningkatkan Kesuburan | Tim Redaksi | 4.5