Loading...

Cara Mengatasi Kulit Gelap Karena Hiperpigmentasi

Cara Mengatasi Kulit Gelap Karena HiperpigmentasiHiperpigmentasi adalah penyebab kulit menjadi gelap atau hitam, sementara hiperpigmentasi sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, utamanya oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Selain karena paparan sinar matahari, hiperpigmentasi juga dapat disebabkan oleh jerawat, penuaan dan kehamilan.
Hiperpigmentasi ini dapat menyebabkan hadirnya bintik-bintik gelap serta warna kulit menjadi ;ebih gelap. Untuk Pigmentasi kulit yang masih pada tahap awal masih mudah diatasi dengan bahan-bahan alami.

Namun, untuk menghilangkan bintik pigmentasi kulit yang telah lama dan yang telah menyebar lebih dalam ke dermis, maka cara yang paling efektif adalah harus mengunjungi dokter kulit anda ataupun menggunakan cream racikan dokter khusus untuk masalah hiperpigmentasi.

Loading...

Nah, bagi anda yang memiliki kulit gelap ataupun bintik-bintik kulit yang masih tergolong ringan, anda bisa menghilangkannya dengan beberapa tips alami seperti dibawah ini:

Gel aloe vera

Aloe vera gel sangat efektif dalam mengobati hiperpigmentasi kulit. Anda dapat menerapkan gel aloe vera segar pada wilayah kulit yang bermasalah dengan hiperpigmentasi tersebut.

Jus mentimun

Jus mentimun dapat digunakan untuk menghilangkan pigmentasi kulit. Namun, jus mentimun bisa bekerja hanya pada tahap awal pigmentasi saja.

Jus tomat

seperti halnya dengan bahan-bahan alami lainnya, jus tomat segar juga mampu mengurangi perubahan warna pada kulit akibat hiperpigmentasi yang masih dalam kondisi ringan.

Jus kentang

Jus kentang mentah bisa membantu mengurangi pigmentasi kulit. Dengan cara merendam kapas pada jus kentang yang masih segar dan menerapkannya pada daerah kulit yang bermasalah sebanyak 5-6 kali sehari.

Air jeruk nipis

Perasan air jeruk nipis sudah sering digunakan untuk memudarkan bintik-bintik kulit karena pengaruh hiperpigmentasi. Manfaat perasan air jeruk nipis untuk kecantikan kulit lainnya yaitu membantu untuk meremajakan sel-sel kulit melalui tindakan antioksidannya.

Alpukat

Dengan memanfaatkan ekstrak jus alpukat matang pada bagian kulit yang mengalami hiperpigmentasi maka dapat mengurangi bercak-bercak hitam pada kulit serta membantu untuk lebih menyehatkan kulit anda.

Mikrodermabrasi

Jika pigmentasi kulit anda sudah tidak mampu lagi diatasi dengan perawatan alami, maka anda bisa mencoba teknik mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi adalah proses pengangkatan sel-sel mati dari kulit dengan melakukan pengelupasan kulit secara mekanis dengan menggunakan kristal mikro aluminium oksida.

Selain metode diatas, perawatan laser salah satu cara terakhir yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan hiperpigmentasi kulit anda.

Cara Mengatasi Kulit Gelap Karena Hiperpigmentasi | Tim Redaksi | 4.5