Loading...

Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kering

Penyebab Kulit Wajah Menjadi KeringKulit kering pada wajah merupakan masalah kulit yang sangat merusak keindahan dan kecantikan kulit sehingga tidak heran jika kebanyakan orang selalu berupaya untuk mengatasi masalah kulit kering ini.

Kulit kering terjadi selain karena faktor cuaca, juga karena pengaruh penurunan tingkat sebum. Sebum merupakan minyak alami kulit untuk menjaga kulit agar senantiasa elastis dan lembut. Namun ketika terjadi penurunan tingkat normal dari sebum ini maka dapat menyebabkan kering menjadi kering ataupun xerosis.

Kulit kering yang jika dibiarkan berlarut-larut akan terkelupas, sangat sensitif dan terasa gatal serta menimbulkan warna kemerahan pada kulit.

Loading...

Dan untuk mengetahui sesungguhnya mengenai apa saja yang bisa menyebabkan kulit nampak kering, ikuti pembahasannya dibawah ini.

Faktor lingkungan

Rangsangan eksternal yang ekstrem dapat memperburuk kulit, utamanya disaat musim dingin dimana pada musim dingin ini uap air di udara sangat minim, yang berarti bahwa kulit tidak dapat mendapatkan tambahan kelembaban melalui lingkungan luar kulit.

Demikian pula halnya ketika musim panas atau kemarau dimana paparan sinar matahari yang sangat terik dapat merusak kelembaban kulit.

Mandi di air yang terlalu panas atau dingin, bahkan terlalu sering mandi juga dapat menyebabkan kulit kering. Selain itu, berenang di kolam air yang mengandung klor dapat menyebabkan kulit kering.

Penggunaan kosmetik juga salah satu penyebab paling umum dari kulit kering, terutama pada wajah.

Faktor medis

  • Eksim

Dermatitis atopik atau Eksim adalah suatu kondisi kulit kronis yang menyebabkan ruam. Ruam ini nampak bersisik, merah, kering dan gatal. Kondisi ini akan semakin parah ketika kondisi lingkungan terlalu dingin, pengaruh bahan kimia, stres, air, dan deterjen.

  • Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit lain yang bisa menyebabkan kulit kemerahan, bersisik dan kering dan mereka paling sering mempengaruhi siku, lutut dan dada.

  • Hypothyroidism

Hypothyroidism adalah gangguan tiroid dimana tubuh kekurangan hormon tiroid yang memperlambat metabolisme tubuh sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas disertai pucat dan kasar.

Jadi jika anda memiliki kulit wajah yang kering segerelah gunakan cream pelembab khusus untuk kulit wajah anda agar anda senantiasa cantik dan anggun disetiap penampilan anda.

Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kering | Tim Redaksi | 4.5