Loading...

8 Makanan Super Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

8 Makanan Super Untuk Meningkatkan Metabolisme TubuhTingkat metabolisme tubuh sangat menentukan tingkat kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Dan ada banyak jenis penyakit yang turut dikaitkan dengan masalah metabolisme tubuh ini.

Dengan memiliki metabolisme yang tepat akan membantu mengurangi berat badan dan berperan penting dalam mempertahankan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Bila metabolisme lebih cepat maka tubuh akan mencerna makanan dengan mudah dan menggunakannya sebgai energi secara sempurnya. Dan hal ini juga untuk mencegah pengendapan lemak dalam tubuh.

Loading...

Tingkat metabolisme yang tepat sangat penting artinya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jika metabolisme terjadi secara lambat maka akan mempengaruhi upaya anda untuk menurunkan berat badan.

Sebaliknya, jika Anda dapat meningkatkan metabolisme Anda, maka Anda akan menggunakan energi dan membakar lemak tubuh bahkan ketika anda sedang tidur sekalipun, sehingga hal ini akan membantu dalam mencapai penurunan berat badan lebih cepat.

Meskipun latihan adalah metode yang paling penting untuk meningkatkan metabolisme, makanan yang kita makan juga dapat mempengaruhi tingkat metabolisme tubuh dalam tubuh kita. Ada beberapa makanan tertentu yang akan meningkatkan laju metabolisme dan membuat tubuh anda lebih ramping dan lebih ideal tentunya.

Nah jika anda ingin melihat makanan apa saja yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda, berikut adalah daftar dari beberapa metabolisme meningkatkan makanan tersebut.

8 Makanan Super Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

1. Buah-buahan

Kita semua tahu bahwa buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral sehingga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak buah-buahan yang mudah tersedia di pasar yang membantu untuk meningkatkan metabolisme anda termasuk diantaranya adalah Stroberi, jeruk, peach, semangka, jambu biji dan buah anggur.

Dengan menyertakan lebih banyak buah-buahan diatas dalam diet anda mungkin akan lebih menyenangkan dari pada anda mengurangi makanan tertantu jika anda ingin mengurangi berat badan anda.

• Pilih buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dan kadar gula kurang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

• Buah-buahan seperti strawberry dan semangka memiliki lebih banyak air dan serat yang membuat Anda merasa kenyang tanpa menambah berat badan Anda.

2. Teh Hijau

Selain memiliki kemampuan dalam meningkatkan metabolisme tubuh, teh hijau juga memiliki manfaat kesehatan lainnya jika anda mengkonsumsi setidaknya 2-3 cangkir teh hijau setiap harinya.

3. Bayam

Bayam diperkaya akan vitamin B kompleks dan juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini membantu untuk meningkatkan pencernaan makanan dan menyediakan tingkat metabolisme yang lebih baik.

Makanan ini juga membantu dalam pertumbuhan otot yang lebih cepat. Ketika massa otot tubuh meningkat, akan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika massa otot lebih besar berarti akan mempercepat pembakaran kalori tubuh.
Sertakan bayam dalam diet harian Anda jika Anda ingin tetap ramping dan memiliki pencernaan. Anda dapat menambahkannya ke salad, sup atau Anda dapat membuat resep lain dengan bayam.

4. Jeruk

Jeruk membantu meningkatkan metabolisme dengan membersihkan sistem pencernaan Anda. Hal ini juga meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Vitamin C yang hadir dalam lemon memiliki sifat anti oksidan yang membantu untuk membersihkan sistem organ dalam tubuh anda.

Dengan minum satu gelas air hangat yang telah dicampur ½ perasan buah jeruk dan diminum setiap pagi maka anda akan mendapatkan khasiat dari jeruk ini.

5. Jahe

Jahe memiliki sifat meningkatkan metabolisme tubuh. Meskipun tidak mungkin untuk makan jahe dalam kondisi utuh tetapi anda perlu menggunakannya dalam bentuk olahan makanan lainnya.

6. Ketimun

Ketimun adalah salah satu sayuran yang paling anda perlukan jika ingin meningkatkan metabolisme tubuh dari sayuran atau buah-buahan.

Mentimun mengandung banyak air, vitamin, nutrisi dan serat. Sayuran atau buah ini membuat tubuh anda terhidrasi dengan baik dan membuat anda merasa kenyang serta memiliki kandungan kalori yang sangat rendah.

7. Minyak Kelapa

Ada banyak manfaat kesehatan menggunakan minyak kelapa dan salah satunya adalah mempercepat pembakaran lemak jika dikombinasi dengan makanan yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan metabolisme lainnya.
• Gunakan 1-2 sendok teh minyak kelapa untuk dijadikan bahan tambahan (bumbu) hidangan sayuran masakan anda.

8. Kopi

Jika ingin meningkatkan sistem metabolisme anda, anda bisa mengkonsumsi segelas minuman kopi hitam setiap pagi siang dan sore hari selama anda di iinkan oleh dokter anda.

Senyawa kafein yang hadir dalam kopi hitam dapat meningkatkan sirkulasi darah asalkan anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, minumlah hidangan kopi hitam tanpa gula dan krim dan jangan minum kopi ini lebih dari 3 gelas kopi dalam seharinya.

Sebetulnya masih banyak lagi bahan makanan dan jenis minuman yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang tidak disempat disebutkan dalam pembahasan kali ini, namun beberapa jenis makanan peningkat metabolisme diatas saya yakin akan memberikan kontribusi besar pada kesehatan anda.

8 Makanan Super Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh | Tim Redaksi | 4.5