Loading...

Tips Mudah Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Tips Mudah Mengecilkan Pori-Pori KulitMemiliki pori-pori yang besar atau terbuka tidak hanya merusak kecantikan kulit tetapi juga dapat memicu berbagai permasalahan pada kulit seperti jerawat dan komedo.

Pori-pori kulit yang terbuka sangat rentan terhadap pembentukan komedo, terutama bagi mereka yang berjenis kulit berminyak.

Dan seperti kita ketahui bahwa orang dengan kulit berminyak cenderung menghasilkan minyak yang berlebihan (sebum) yang menyebabkan pori-pori lebih terbuka di daerah seperti hidung, pipi, dagu dan dahi.

Loading...

Sebum yang berlebihan tersebut bersama dengan kotoran dan bakteri, cenderung menyumbat pori-pori. Pori-pori tersumbat tidak hanya membuat pori-pori lebih besar, tetapi juga dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan membesarnya pori-pori kulit seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, ketidakseimbangan hormon, pembersihan kulit yang kurang tepat, permukaan kulit yang terlalunberminyak, penyalahgunaan kosmetik, genetika dan stres adalah beberapa penyebab umum di balik terbukanya pori-pori kulit.

Meskipun ada beberapa produk kosmetik di pasar untuk mengatasi masalah ini, namun anda juga bisa mengatasinya dengan beberapa tips pengobatan alami dirumah untuk meminimalkan ukuran pori-pori anda sekaligus untuk mendapatkan kulit yang lebih lembut dan halus.

Beberapa tips yang bisa mengecilkan pori-pori kulit anda diantaranya adalah:

1. Jus lemon dan air mawar

Untuk mengurangi atau mengecilkan pori-pori wajah terbuka lebar, Anda dapat mempersiapkan campuran jus lemon dan air mawar. Kedua bahan ini bertindak sebagai toner kulit alami dan sangat membantu dalam mengecilkan pori-pori kulit yang terbuka lebar.

Caranya, campur jus lemon dan air mawar dalam proporsi yang sama lalu oleskan pada bagian kulit yang diinginkan. Biarkan sejenak selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

2. lendir lidah buaya dan jus lemon

Lendir lidah buaya (gel Aloe vera) memiliki sifat pembersih kulit untuk menghilangkan kotoran dari wajah yang menyumbat pori-pori kulit. Dan untuk meningkatkan efek dari gel lidah buaya ini, Anda dapat mencampurnya dengan jus lemon.

Ambil 1 sendok makan gel lidah buaya dan campur dengan 1/2 sendok teh jus lemon. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah Anda dan bilas setelah 15-20 menit.

3. Es batu

Es batu bisa dijadikan obat instan untuk menutup pori-pori kulit yang melebar. Dan cara memanfaatkan es batu ini yaitu cukup dengan menempelkan butiran es ini pada area kulit yang dikehendaki selama 15-30 detik.

Setelah beberapa detik, ulangi cara diatas beberapa kali dalam seharinya. Meskipun cara ini cukup praktis namun tidak bisa mengecilkan pori-pori secara permanen.

4. Putih telur dan jus lemon

Membuat masker kulit Sebuah masker wajah dengan mengmbil satu butir putih telur dan 1 sendok teh jus lemon lalu campuran dengan merata.

Terapkan masker ini seluruh wajah anda lalu biarkan pada wajah selama setidaknya selama 15 menit dan kemudian mencucinya hingga bersih. Lakukan cara ini cukup sekali dalam seharinya selama 5 hari berturut-turut.

Demikianlah beberapa tips mengecilkan pori-pori kulit diatas semoga segera dapat membuat perubahan besar untuk kecantikan kulit anda.

Tips Mudah Mengecilkan Pori-Pori Kulit | Tim Redaksi | 4.5