Loading...

7 Alasan Membuat Anda Sering Berketombe

7 Alasan Membuat Anda Sering BerketombeAnda mungkin memiliki rambut yang tampak hebat dan hitam kemilau namun jika anda memiliki ketombe tetap saja penampilan anda akan berantakan.

Kulit kepala dan rambut yang sering dihinggapi ketombe bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan ketombe. Memahami penyebab ketombe sangat penting artinya jika ingin menyingkirkan ketombe untuk selamanya.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab hadirnya ketombe pada rambut anda seperti dibawah ini.

Loading...

1. Kurangnya Perawatan Rambut

Kurangnya perawatan rambut ataupun merawat rambut yang kurang tepat adalah salah satu faktor alasan menjadi penyebab ketombe selalu muncul dikepala anda.

Tidak rutin menyisir rambut dan atau tidak tepat menyisir rambut secara bertahap dapat menyebabkan ketombe.Kesalahan dalam meniyisir rambut ini adalah penyebab paling umum yang menyebabkan ketombe dan masalah rambut lainnya.

Ketika menyisir rambut anda, sel-sel kulit mati mudah terangkat, namun ketika anda jarang menyisir rambut anda maka sel-sel kulit kepala yang mati tidak terangkat dan tetap melekat pada kulit kepala anda. Akhirnya lapisan ini kulit mati ini menjadi ketombe dikemudian hari.

2. Alergi Jamur

Jamur memang senang berkembang diaerah kulit kepala karena daerah ini selalu lembab. Ketika kita kurang menjaga kebersihan rambut maka jamur ini akan cepat berkembang sehingga menyebabkan ketombe.

3. Kulit Kering

Orang-orang yang memiliki kulit kering sering mengalami gangguan ketombe. Oleh karena itu menjaga kulit tidak mengalami kekeringan adalah salah satu cara agar terhindar dari ketombe. Minum air yang cukup setidaknya 8 gelas setiap harinya tidak hanya berdampak positif pada kulit tetapi juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Pengaruh medis tertentu

Salah satu alasan yang bisa menyebabkan kepala sering berketombe adalah karena pengaruh penyakit tertentu seperti kekebalan tubuh yang rendah, penyakit jantung, stroke, dermatitis seboroik dan penyakit parkinson.

5. Kurang keramas rambut

Jarang mengeramasi rambut juga dapat menyebabkan ketombe. Dengan rutin berkeramas maka dapat menghilangkan sel-sel kulit mati serta akumulasi minyak yang berlebihan pada kulit kepala anda.

6. Malassezia

Malassezia adalah jamur alami yang tumbuh di kulit kita dan lebih cepat berkembang ketika kulit kepala kelebihan minyak dan debu yang melengket pada kulit kepala anda. Jamur Malassezia ini akan menyumbat kelenjar sebaceous yang menyebabkan gatal-gatal, peradangan dan ketombe.

7. Stres

Jika anda sering stres maka hal ini dapat mendorong pertumbuhan ketombe. Stres adalah penyebab utama yang menyebabkan beberapa masalah pada kulit, termasuk dalam hal ini adalah pertumbuhan ketombe.

Meskipun, ada begitu banyak alasan yang dapat memicu pembentukan ketombe namun saat ini sudah banyak obat yang dapat membantu anda dalam mengatasi masalah ketombe.

7 Alasan Membuat Anda Sering Berketombe | Tim Redaksi | 4.5