Loading...

Gejala Pneumonia Berdasarkan Penyebabnya

Gejala Pneumonia Berdasarkan PenyebabnyaPneumonia adalah gangguan pernapasan yang ditandai dengan gejala seperti flu. Patogen penyebab infeksi paru-paru ini bisa bakteri, virus, parasit, atau jamur. Demam, batuk dan sesak napas adalah beberapa gejala umum dari kondisi ini.

Pneumonia adalah infeksi patologis pada satu atau kedua buah paru-paru. Hal ini ditandai dengan peradangan paru-paru. Gejala ini biasanya dimulai setelah patogen-patogen tersebut menginfeksi saluran pernapasan bagian atas. Gejala pneumonia muncul setelah 2-3 hari mengalami sakit tenggorokan dan flu.

Mereka yang telah berusia tua dari 65 tahun atau lebih muda dari 2 tahun dan atau pada orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh atau penyakit kronis berada pada risiko yang lebih tinggi menderita pneumonia tersebut.

Loading...

Gejala Pneumonia

Dalam kebanyakan kasus, orang memiliki gejala demam tinggi, batuk dan menggigil sebelum mengembangkan pneumonia. Dan tingkat keparahan gejalanya pun bervariasi sesuai dengan penyebab dan usia pasien.

Gejala Pneumonia berdasarkan Penyebabnya

Gejala Pneumonia Bakteri

Gejala jenis Pneumonia bakteri seperti demam tinggi, menggigil, nyeri dada, berkeringat, batuk dengan dahak kental, berwarna kuning atau kehijauan serta sesak napas.

Gejala Pneumonia Virus

Pneumonia Virus ditandai dengan tanda-tanda yang mirip dengan gejala flu dan biasanya dimulai dengan kering batuk, demam, kelelahan, sakit kepala dan nyeri otot.

Ketika penyakit ini terus berkembang penderiitanya akan mengalami sesak napas dan batuk dengan jumlah kecil dari dahak yang berwarna putih terang. Kondisi pneumonia virus dapat menyebabkan risiko mengembangkan pneumonia bakteri sekunder.

Gejala Pneumonia Jamur

Pneumonia jamur ini sangat jarang terjadi namun pada beberapa individu yang mengembangkan pneumonia akut ini setelah menghirup jamur, sementara beberapa mungkin mengembangkan pneumonia kronis.

Gejala Pneumonia karena Mycoplasma

Mycoplasma adalah genus bakteri yang dinding sel tidak memiliki dinding sel sehingga kebanyakan obat antibiotik tidak efektif mengatasi jenis pneumonia ini karena kebanyakan cara kerja obat antibiotik biasanya mengganggu sintesis dinding sel untuk membunuh organisme.

Mycoplasma menyebabkan gejala yang mirip dengan yang disebabkan oleh pneumonia bakteri dan virus yaitu diawali dengan flu ringan.

Gejala Pneumocystis carinii

Pneumocystis carinii adalah organisme oportunistik yang menyebabkan infeksi pada orang dengan AIDS. Hal ini dapat menyebabkan pneumonia. Tanda-tanda dari jenis tersebut batuk terus-menerus, demam dan sesak napas.

Nah, demikianlah gejala pneumonia berdasarkan jenisnya diatas semoga menjadi bahan informasi yang berarti dalam mengenal apa sesungguhnya itu pnemounia.

Gejala Pneumonia Berdasarkan Penyebabnya | Tim Redaksi | 4.5