Loading...

Mengenal Jenis-Jenis Pneumonia

Mengenal Jenis-Jenis PneumoniaTahukah anda tentang Pneumonia ? Pneumonia adalah suatu kondisi medis yang dicirikan oleh peradangan paru-paru.

Dalam kondisi Pneumonia, alveoli paru-paru (kantung berisi udara mikroskopis dan bagian terkecil dari paru-paru) yang terisi oleh cairan. Hal ini terjadi umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, ataupun jamur.

Dalam dunia medis, pneumonia dibedakan menjadi beberapa jenis dan cara pengobatan yang bervariasi pula. Dan pada pembahasan kali ini kita akan melihat jenis-jenis pneumonia serta bagaimana gejalanya masing-masing.

Loading...

Mengenal Jenis-Jenis Pneumonia

1. Pneumonia aspirasi

Jenis pneumonia akibat menghirup benda asing baik dari makanan, minuman, sekresi dari mulut, dll. Dalam kondisi ini, pasien mengalami peradangan pada tabung bronkial yang dapat memperburuk menjadi kondisi dimana nanah akan terakumulasi pada paru-paru.

Penyebab aspirasi benda asing oleh paru-paru termasuk gangguan pada kerongkongan, masalah saat menelan, penurunan atau tidak adanya refleks muntah.

2. Pneumonia Mycoplasma

Pneumonia Mycoplasma disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycoplasma pneumoniae. Jenis pneumonia ini dapat mempengaruhi individu dari semua kelompok umur.

Batuk parah yang menyebabkan produksi lendir yang berlebihan adalah gejala utama dalam masalah kesehatan ini.
Meskipun mempengaruhi individu dari semua kelompok umur, tapi Pneumonia Mycoplasma ini lebih rentan dialami oleh anak-anak.

Selain batuk yang parah, gejala Pneumonia Mycoplasma ini termasuk ruam, anemia (minimnya Hb dalam darah), mielitis (peradangan pada myelin saraf), meningitis peradangan pada selaput otak) dan ensefalitis (peradangan pada otak).

3. Pneumocystosis

Pneumocystosis adalah jenis pneumonia yang disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur ini menyerang tubuh penderitanya yang sistem kekebalan tubuhnya lemah. Orang yang menderita HIV / AIDS dan kanker umumnya lebih rentan terhadap infeksi ini.

Individu yang telah menjalani transplantasi sumsum tulang / organ vital lainnya juga rentan menderita Pneumocystosis ini.

4. Pneumonia bakteri

Pada kasus pneumonia bakteri penyebabnya umumnya karena infeksi bakteri streptococcus pneumoniae.
Gejala utama penyakit ini yaitu denyut jantung yang cepat, demam, iritabilitas, gelisah dan kelelahan. Sesak napas dan batuk adalah beberapa gejala lain yang umumnya dapat diamati pada penderitanya.

5. Pneumonia virus

Pneumonia viral umumnya disebabkan oleh adenovirus. Gejala Pneumonia virus terutama diamati pada radang paru-paru termasuk demam, sesak napas dan produksi batuk yang mengandung lendir putih dalam potongan-potongan kecil. Kehilangan nafsu makan, lekas marah, dan kelesuan adalah beberapa gejala lain dari radang paru-paru.

Demikianlah 5 jenis Pneumonia diatas dan mengenai gejala pneumonia akan dibahas pada pembahasan berikutnya.

Mengenal Jenis-Jenis Pneumonia | Tim Redaksi | 4.5