Loading...

Penyebab Dan Cara Mengobati Alis Berketombe

Cara Mengobati Alis BerketombeApakah alis anda berketombe? Ya , ketombe tidak hanya muncul pada kulit kepala saja tetapi juga bisa hadir pada bagian alis mata kita.

Alis mata berketombe biasanya disebabkan oleh kulit kering dibagian alis, infeksi jamur, dermatitis seboroik dan psoriasis.

Tapi satu hal yang paling sering menyebabkan alis berketombe adalah karena kurangnya menjaga kebersihan rambut sehingga dapat memperburuk gejala ketombe alis. Oleh karena itu, mencuci rambut secara teratur dan menjaga kulit kepala bersih dengan sampo anti ketombe sangat dianjurkan.

Loading...

Seperti kita ketahui bahwa sel-sel kulit pada kulit kepala dan alis terus mengalami proses pembaharuan di mana sel-sel kulit mati. Namun, pada orang yang terkena ketombe, ada gangguan dalam proses pembaharuan sel dimana sel-sel baru terbentuk dengan cepat sehingga menyebabkan sel-sel kulit mati mengelupaskan dengan cepat.

Kemungkinan penyebab alis berkotembe lainnya yaitu karena infeksi malassezia, Pengaruh kulit kering, dermatitis seboroik, psoriasis. Dan untuk membedakan kondisi ini mari kita lihat pembahasan singkatnya dibawah ini.

Penyebab Dan Cara Mengobati Alis Berketombe


• Kulit Kering

Ketika kulit di bawah alis sangat kering, satu mungkin melihat serpihan debu putih di sekitar alis. Hal ini sangat umum di musim dingin, dimana kulit menjadi sangat kering.

• Infeksi Malassezia

Malassezia adalah salah satu jenis jamur hadir pada lapisan permukaan kulit. Jamur ini bisa berada pada kulit kepala dan kulit di bawah alis. Meskipun mereka tidak berbahaya, jamur dapat mengganggu proses normal pembaharuansel-sel kulit. Infeksi dapat mempercepat pembaharuan sel, menyebabkan pelepasan berlebihan dari lapisan atas kulit.

• Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik merupakan kondisi inflamasi pada kulit yang menyebabkan sel-sel kulit mati untuk menghasilkan lebih cepat. Dermatitis seboroik adalah bentuk parah dari ketombe di mana sel-sel kulit mati membangun dengan cepat dan serpihan besar dan berwarna kuning.

Selain itu, serpihan ini berminyak. Itu sebabnya, ketombe akibat dermatitis seboroik sering disebut sebagai ketombe berminyak.

• Psorias

Serpihan besar kulit kering pada helai rambut alis dapat menunjukkan gejala psoriasis. Psorias adalah kondisi peradangan kronis di mana proses pembaharuan sel berjalan di luar kendali dan menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih cepat.

Namun, ketika sel-sel kulit mati tersebut tidak segera dibersihkan maka dapat menyebabkan daerah yang terkena terlihat menebal, bercak merah ditutupi oleh kulit yang terkelupas.

Nah untuk mengobati alis yang berketombe ini maka ada beberapa bentuk perawatan yang bisa menjadi pilihan anda seperti :

– Menerapkan pelembab: Menerapkan pelembab yang tepat jika ketombe disebabkan oleh kulit kering.

Kompres dengan air hangat: untuk meringankan gejala ketombe.

Krim anti jamur: Jika ketombe disebabkan oleh infeksi Malassezia (Obat Mikonazol dan clotrimazole adalah beberapa agen topikal yang menghambat pertumbuhan jamur dan membantu menyingkirkan infeksi Malassezia).

Juice lemon : Jika anda ingin mengatasinya dengan menggunakan bahan alami karena ketombe jus lemon memiliki sifat antijamur. Caranya, rendam bola kapas dalam jus lemon dan kemudian menerapkannya pada daerah yang terkena. Biarkan tetap selama 20 menit dan kemudian bersihkan dengan bola kapas bola kering.

Demikianlah beberapa pilihan cara mengatasi ketombe pada alis anda semoga bisa membantu dalam mengatasi permasalahan ketombe. Menjaga kebersihan kulit alis mata adalah cara terbaik untuk mencegah munculnya kembali ketombe pada alis mata anda.

Penyebab Dan Cara Mengobati Alis Berketombe | Tim Redaksi | 4.5