Loading...

Penyebab Sering Ngompol Pada Orang Dewasa

Penyebab Sering Ngompol Pada Orang DewasaTidak sedikit orang yang telah dewasa masih saja ngompol ditempat tidur mereka namun sayangnya mereka enggan memeriksakan gangguan ini pada dokter karena alasan malu.

Pada kondisi normal kita dapat mengontrol kapan kita harus buang air kecil dan tidak keluar tanpa kita sadari. Gangguan ngompol ini dalam dunia medisnya disebut enuresis nocturnal yang merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada remaja dan orang dewasa.

Meskipun, stres atau kondisi psikologis lainnya bertanggung jawab ngompol diusia dewasa namun ada beberapa faktor penyebab lainnya yang berkontribusi untuk masalah ini.

Loading...

Penyebab Sering Ngompol Pada Orang Dewasa

Infeksi kandung kemih

Infeksi kandung kemih merupakan penyebab utama dari mengompol pada populasi orang dewasa. Infeksi mengiritasi otot-otot kandung kemih yang menyebabkan kontrol yang buruk dari kandung kemih.

Kondisi psikologis

Kondisi psikologis tertentu seperti stres, ketakutan ataupun faktor kecemasan juga dapat menyebabkan masalah ini. Dan beberapa pengamatan pada individu yang sebelummnya tidak mengalami mengompol selama beberapa tahun yang kemudian secara tiba-tiba mengalami hal tersebut segera setelah mengalami situasi traumatis besar dalam hidupnya.

Faktor penyakit

Gangguan mental, seperti penyakit Alzheimer mengurangi sensasi seseorang untuk buang air kecil. Jelas, orang-orang ini tidak merasakan dorongan untuk buang air kecil di malam hari dan berakhir dengan ngompol.
Penyakit lain yang dapat menyebabkan masalah ini pada orang dewasa adalah karena kanker dan diabetes. Kanker memiliki efek yang sama seperti infeksi kandung kemih, sedangkan diabetes bertanggung jawab untuk peningkatan kebutuhan buang air kecil.

Melemahnya Otot kandung kemih

otot-otot kandung kemih dapat melemah dengan sendirinya karena beberapa alasan seperti sakit, penuaan, dll.
Seringkali, setelah seseorang ber istirahat di tempat tidur dalam waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan akan kehilangan kendali atas fungsi kandung kemih mereka. Ini pulalah yang menjadi alasan mengapa kebanyakan orang pernah menjalani operasi atau sakit yang berkepanjangan mengalami enuresis.

Peningkatan tekanan kandung kemih

Kondisi medis tertentu seperti kehamilan atau pembesaran prostat dapat menyebabkan seseorang untuk ngompol. Kondisi ini terjadi karena adanya tekanan tambahan pada kandung kemih yang akhirnya mengarah pada ketidakmampuan untuk menahan keinginan untuk buang air kecil.

Faktor keturunan

Salah satu penyebab gangguan enuresis pada orang dewasa karena faktor keturunan. Jika salah satu dari orang tua anda mengalami hal ini maka anda kemungkinan mewarisi kebiasaan ini sekitar 40%. Dan Ketika anda mengalami gangguan yang medistertentu atau gangguan psikologi bisa menyebabkan anda sering ngompol meski anda telah dewasa.

Faktor obat-obatan

Ada beberapa obat tertentu yang menginduksi anda tertidur nyenyak sehingga anda tidak mungkin untuk bangun pada malam hari untuk buang air. Penyebab enuresis karena faktor obat-obatan sebagian besar berasal dari golongan obat penenang yang membekukan kemampuan sensorik manusia.

Mengompol pada orang dewasa tentu saja sangat memalukan dan membuat anda merasa tidak nyaman. Namun bukan berarti anda harus ragu untuk pergi ke seorang ahli inkontinensia, yang dapat membantu menyembuhkan masalah anda.

Penyebab Sering Ngompol Pada Orang Dewasa | Tim Redaksi | 4.5