Loading...

Obat Alami untuk Kista Ovarium

Obat Alami untuk Kista OvariumBagi anda yang ingin mencari informasi mengenai obat-obatan herbal tradisional untuk kista ovarium, cara mengurangi gejala kista ovarium serta ingin mengetahui jenis-jenis kista ovarium, dapat anda lihat pembahasannya dibawah ini.

Kista ovarium (kantung berisi cairan) dapat ditemukan di dalam atau pada permukaan ovarium dan kebanyakan dari kista ovarium tidak berbahaya. Kista ovarium umumnya diamati pada wanita selama masa kesuburan mereka.

Kista terbentuk ketika kantung (folikel) tidak membuka dan melepaskan telur atau ketika kantung yang memegang telur tidak larut (seperti yang seharusnya). Kista tersebut terbentuk selama ovulasi dan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan. Mereka tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Loading...

Namun pada beberapa kasus, kista ovarium tersebut pecah sehingga dapat menyebabkan sakit perut yang parah. Umumnya, dokter meminta pasien untuk menunggu dan melihat apakah gejala tidak begitu serius.

Jika kondisinya parah, dokter mungkin menyarankan untuk operasi pengangkatan kista. Dalam beberapa kasus, pil KB yang diresepkan untuk menghentikan ovulasi yang akhirnya menghentikan pembentukan kista baru. Tapi mereka tidak bisa menyingkirkan kista yang sudah ada, dan mereka bahkan tidak mempromosikan penyusutan tersebut kista.

Selain itu, pil KB dapat mempengaruhi kesehatan wanita dapat sebagai akibat dari efek samping dari pil tersebut. Jadi kebanyakan wanita memilih untuk obat herbal untuk mengatasi kista ovarium karena efek negatifnya sangat minim dan biasanya sangat efektif.

Beberapa jenis kista yang dapat menimbulkan gejala serius seperti pada beberapa jenis kista dibawah ini.

Kista folikular: Kista ini terjadi ketika folikel terus tumbuh membentuk kista ketika gagal untuk melepaskan telur saat ovulasi.
Corpus luteum kista: terjadi ketika folikel merilis telur pada ovulasi tetapi berubah menjadi korpus luteum, yang berarti bahwa pembukaan di tutup folikel tersebut dan kemudian terkumulasi cairan.

Jenis lain dari kista yang terbentuk pada ovarium tidak berkaitan dengan siklus menstruasi:
·   Kista dermoid: berkembang dari sel-sel yang menghasilkan telur manusia.
·   Kistadenoma: diisi dengan lendir atau cairan dan berkembang dari jaringan ovarium.
·  Endometrioma: berkembang jika sel-sel endometrium melekat ovarium dan tumbuh.
· Ovarium polikistik: terjadi dalam kasus Sindrom ovarium polikistik. Dalam kondisi medis ini ovarium dapat menjadi membesar, hingga dua kali ukuran ovarium normal. Sebuah ovarium polikistik adalah gangguan endokrin umum. Dalam hal ini ovarium berisi gerombolan kista-kista kecil.

Gejala Kista

Gejala kista sendiri sangat banyak, dan beberapa diantaranya adalah nyeri parah pada perut, panggul dan atau pada punggung bawah dan paha. Gejala kista ovarium lainnya adalah perdarahan abnormal, periode haid yang tidak teratur, nyeri saat berhubungan seks, demam, mual dan muntah serta beberapa gejala lainnya.

Pengobatan tradisional untuk kista ovarium

Untungnya pengobatan alami atau penggunaan obat tradisional dapat mengurangi gejala kista ovarium seperti tang bisa anda lihat dibawah ini:

• Diet Yodium

Diet kaya yodium dalam makanan ( termasuk garam beryodium, sayuran laut, kerang, cod, udang, sarden, tuna, telur, susu sapi, yoghurt, dll) dapat membantu meningkatkan fungsi kelenjar tiroid. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan pembentukan kista.

• Diet sayuran

Laporan studi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Farmakologi di Italia menunjukkan bahwa wanita yang secara teratur mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti daging merah dan keju dalam diet mereka lebih mungkin untuk mengembangkan kista ovarium dibandingkan dengan mereka yang tergabung dalam jumlah besar sayuran hijau dan buah-buahan dalam diet mereka.

Jadi, perempuan harus meningkatkan asupan sayuran. Dan bagi mereka yang tidak suka diet vegetarian, bisa mengkonsumsi daging daging tanpa lemak dalam diet mereka. Hal ini dapat membantu mencegah pembentukan kista baru.

• Diet kalium

Jika kekurangan kalium adalah salah satu penyebab dari pembentukan kista, maka mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya kalium akan sangat membantu. Selain itu, herbal kaya potasium, seperti, pisang, daun ketumbar, bubuk kunyit dan ketumbar, dapat digunakan untuk mengobati kondisi ini.

• Diet serat

Memasukkan makanan kaya serat dalam diet dapat membantu menghindari sembelit yang dinyatakan dapat menyebabkan tekanan ekstra dan nyeri perut. Dan hal ini untuk mengurangi gejala nyeri yang timbul pada penderita kista ovarium.

• Hindari Paparan Estrogen

Menghindari produk kedelai sangat penting jika dominasi estrogen adalah alasan utama di balik pembentukan kista.
Demikian pula halnya ketika mengkonsumsi daging organik dan produk susu serta tidak menggunakan kosmetik yang mengandung paraben dapat membantu menghindari paparan estrogen.

• Suplemen Herbal

Berbagai suplemen seperti Chasteberry, bee pollen, dandelion dan semanggi merah bisa membantu menormalkan ovulasi dan mengurangi ukuran kista serta membantu menjaga keseimbangan hormon.

  • Gunakan penghilang nyeri alami

Manfaatkan kemangi, serai, mint, raspberry, blackberry, dan teh chamomile untuk relaksasi nyeri yang terjadi.

Obat alami tidak akan menyembuhkan kista hanya dengan waktu semalam. Tapi bila dikombinasikan dengan perubahan pola makan dan perubahan gaya hidup, obat herbal dapat membantu mengurangi ukuran kista dan gejala butuh waktu selama 2-3 bulan.

Obat Alami untuk Kista Ovarium | Tim Redaksi | 4.5