Loading...

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Gejala Infeksi Saluran KemihInfeksi saluran kemih sangat rentan terjadi pada wanita dibanding para pria mengingat struktur anatomi wanita yang menyebabkan hal ini terjadi.

Infeksi saluran kemih sendiri dapat disebabkan oleh beberapa alasan, dan umumnya karena infeksi bakteri yang berkaitan dengan kurangnya menjaga kebersihan pribadi.

Dan pada pembahasan kali ini kita akan melihat apasaja penyebab infeksi saluran kemih ini, bagaimana mengidentifikasinya serta bagaimana cara mengobatinya.

Loading...

Penyebab infeksi saluran kemih

• Kecerobohan saat membersihkan daerah genital

Membersihkan daerah dubur kearah vagina setelah buang air besar dapat menyebabkan trans bakteri ke dearah vagina.

• Ceroboh saat berhubungan seksual

Menjaga kebersihan alat vital kedua pasangan saat berhubungan intim salah satu cara terbaik untuk mencegah terjadinya ISK karena saat berhubungan seksual dapat membantu bakteri yang berada di dekat vagina untuk memasuki saluran kemih dan menyebabkan infeksi dengan mendorongnya di dalam saluran vagina.

• Pengaruh batu ginjal

Wanita yang sedang menderita batu ginjal akan berada pada risiko tambahan terkena infeksi saluran kemih karena batu akan mencegah pengeluaran urin sepenuhnya dari kandung kemih.

• Pra menopause
Wanita yang memasuki pra menopause mengalami penurunan hormon estrogen yang pada gilirannya dapat menjadi penyebab di balik infeksi saluran kemih.

• Diabetes

Para wanita yang menderita diabetes akan menemukan diri mereka lebih rentan untuk mendapatkan infeksi saluran kemih karena penyakit penyakit diabetes membuat tubuh sangat dalam melawan segala infeksi.

• Kurang minum air

Sering minum air sangat penting artinya untuk membuang racun tubuh melalui urin. Jadi minum banyak air setiap hari secara tidak langsung mengeluarkan racun tubuh dan bakteri patogen dalam ginjal dan saluran kemih .
Bagaimana Identifikasi Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih pada wanita sangat beragam gejalanya sehingga perlunya seorang wanita memahami betul untuk mengidentifikasi apakah gejala yang dirasakan tersebut adalah bagian dari gejala infeksi saluran kemih atau bukan.

Gejala infeksi saluran kemih

• Nyeri tajam saat buang air kecil

Wanita yang menderita infeksi saluran kemih akan merasa mau kencing terus meskipun mereka tidak akan bisa buang air kecil.

Dan pada saat air seni keluar, wanita yang terjangkit infeksi saluran kemih akan merasakan sensasi terbakar yang tajam sehingga sangat menyiksa saat buang air kecil.

• Warna dalam Urin
Jika seseorang wanita mendapati urine tidak terlalu berbau disertai dengan warna urin yang beubah sedikit keruh maka hal ini dipastikan gejala infeksi saluran kemih.

• Demam
Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah demam yang disertai dengan sakit pada perut bagian bawah, besar kemungkinannya itu adalah karena gejala infeksi saluran kemih.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Ada banyak jenis pengobatan yang tersedia untuk infeksi saluran kemih tapi sebelum memilih salah jenis pengobatan untuk ISK maka sebaiknya kunjungi dulu dokter anda dan menjelaskan obat yang anda ingin konsumsi.

Untuk pengobatan dokter dan biasanya dokter anda akan memberikan obat antibiotik dengan dosis tertentu.
Pengobatan ISK lainya yaitu dengan menerapkan diet sehat, khususnya makanan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita | Tim Redaksi | 4.5