Loading...

Mengatasi Jerawat Pada Kulit Berminyak

Mengatasi Jerawat Pada Kulit BerminyakKulit berminyak lebih rentan terserang jerawat, namun dengan perawatan yang tepat maka pertumbuhan jerawat dapat dicegah.

Jerawat seperti kita ketahui bahwa mereka senang tumbuh pada kulit yang kurang mendapatkan perawatan, dan umumnya menyerang para kaum remaja. Sementara tingkat keparahan jerawat pun ada yang ringan, sedang maupun parah.

Pada dasarnya, jerawat adalah kondisi kulit inflamasi yang terjadi ketika lubang kecil pada permukaan pori-pori kulit yang disebut menjadi tersumbat. Setiap pori kulit memiliki lubang kecil yang disebut dengan folikel yang berisi rambut dan kelenjar minyak.

Loading...

Fungsi kelenjar minyak ini sebagai pelumasan kulit untuk menjaga kulit kita tetap lembab dan membantu menghilangkan sel-sel kulit yang telah menua. Sementara ketika terlalu banyak produksi minyak dan kurang mendapatkan perawatan maka pori-pori ini akan tersumbat sekaligus tempat perkembangbiakan bakteri pemicu jerawat.

Oleh karena itu jika anda berjenis kulit berminyak maka besar kemungkinannya akan memiliki problem jerawat yang sedikit parah.

Tapi dengan mengendalikan jumlah produksi minyak yang dibarengi dengan kebiasaan menjaga kebersihan kulit secara rutin dan menggunakan produk-produk perawatan yang tepat, maka pertumbuhan jerawat dapat ditekan secara signifikan.

Selain menjaga kebersihan kulit, mempraktekkan diet yang baik dapat membantu dalam menyingkirkan jerawat secara keseluruhan.

Dan pada artikel ini kita juga dapat melihat bagaimana mengatasi jerawat pada kulit berminyak, seperti dibawah ini:

Mengatasi jerawat dengan obat

Pada umumnya produk obat anti jerawat mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida dan asam salisilat. Penzoil peroksida dan asam salisilatBahan-bahan ini bertujuan untuk mengeringkan jerawat.

Jika anda memiliki kulit berminyak yang sangat sensitif, sebaiknya hindari produk ini ada mengkonsumsinya dengan konsentrasi yang lebih rendah.

Mengatasi jerawat dengan produk natural

Salah satu bentuk pengobatan jerawat yang baik untuk kulit berminyak menggunakan produk alami, seperti minyak esensial. Namun karena kondisi kulit anda sangat berminyak, maka sebaiknya hindari penggunaan minyak esensial ini.

Pilihan terbaik untuk kulit berminyak yang berasal dari minyak esensial adalah minyak jojoba karena minyak jojoba tergolong ringan dan mudah diserap oleh kulit untuk melarukan sebum penyumbat pori-pori.

Cara penggunaan minyak jojoba untuk kulit berminyak yaitu dengan mencampurkan 10 tetes minyak jojoba dengan 3 tetes minyak pohon teh murni lalu terapkan pada area kulit yang terkena jerawat.

Minyak pohon teh bersifat antibiotik yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Anda juga dapat membuat paket wajah dengan 2 sendok Bumi Fuller, air mawar, dan sejumput kunyit.

Perawatan kulit lainnya

Minum banyak air, makan banyak sayuran hijau dan buah-buahan, minum jus segelas setiap harinya untuk membantu dalam menyingkirkan jerawat dan bekas jerawat. Hindari makanan berminyak atau makanan gorengan serta kelola stres dengan baik.

Demikianlah cara mengatasi jerawat pada kulit bermnyak diatas semoga dapat mempercepat kesembuhan jerawat anda. dan jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah anda 3 – 4 kali sehari. Gunakan pembersih ringan saat mencuci wajah anda.

Mengatasi Jerawat Pada Kulit Berminyak | Tim Redaksi | 4.5