Loading...

Mengatasi Kulit Jari yang Mengelupas

Mengatasi Kulit Jari yang MengelupasKulit telapak tangan dan ujung jari nampak retak-retak dan mengelupas umumnya disebabkan oleh kulit kering atau kurang lembabnya kulit pada jari tangan anda.

Kulit tangan retak-retak dan bagian ujung jari nampak kering mengelupas juga kadang-kadang terjadi karena disebabkan oleh penyait dermatitis kontak dan eksim.

Pada sebahagian orang, kulit kering tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dan umumnya diamati selama musim dingin dan musim kemarau dimana pada cuaca ekstrem tersebut kulit sebahagian besar kehilangan kelembaban alaminya. Hal-hal tersebut dapat mengakibatkan retak-retak halus di ujung jari.

Loading...

Sering terkena deterjen yang keras bisa mengakibatkan iritasi kulit yang pada akhirnya menyebabkan kulit pada telapak tangan mengkerut dan pecah-pecah.

Psoriasis atau dermatitis kontak serta alergi bisa menjadi penyebab lain yang kulit jari mengelupas dan pecah-pecah.
Selain ini penyebab umum diatas, kurag aktifnya kelenjar tiroid juga diketahui dapat menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering.

Perubahan hormonal dan kekurangan vitamin mungkin memiliki hubungan dengan kondisi kulit jari bisa pecah-pecah dan mengelupas.Demikian juga ketika tubuh overdosis dengan vitamin A dapat membuat kulit kering dan pecah-pecah.

Tapi apapun penyebab mengelupasnya kulit jari anda dan jika ingin mengatasinya, berikut ini adalah beberapa solusi yang aman yang bisa anda gunakan dirumah.

– Petroleum Jelly
– Minyak Vitamin E
– Krim Vitamin E

Beberapa pilihan lain yang efektif mengatasi kulit jari yang pecah-pecah seperti minyak nilam, minyak lavender, cendana, akar wangi, almond, minyak kelapa, minyak zaitun, dll.

Jika anda menginginkan kulit jari anda kembali lembut, lembab dan halus, gunakan krim dan lotion pelembab yang banyak dijual ditoko online atau toko kecantikan disekitar anda. Namun, jangan asal dalam membeli krim atau lotion tersebut.

Pilih lotion atau krim yang telah teruji khasiatnya atau setidaknya bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya ataupun bahan yang bisa membuat iritasi kulit anda.

Mengatasi Kulit Jari yang Mengelupas | Tim Redaksi | 4.5