Loading...

10 Gejala Awal Kanker Ovarium

10 Gejala Awal Kanker OvariumKanker ovarium dikenal sebagai “silent killer” karena gejalanya sering tidak terlalu menyakitkan. Bahkan gejala kanker ovarium ini mirip dengan gangguan kesehatan yang umum.

Dan yang membedakannya dengan gejala penyakit biasa adalah gejala kanker ovarium akan dialami atau dirasakan hampir setiap saat dan tidak pernah sembuh meski kita telah menggunakan berbagai macam obat.

Dan ketika gejala kanker ovarium anda rasakan pertamakali maka segeralah untuk menghubungi dokter ahli untuk mendapatkan diagnosa dalam memastikan bahwa gejala yang terjadi karena gejala kanker ovarium atau tidak.

Loading...

Namun yang menjadi masalah adalah hanya 20 persen dari kasus kanker ovarium yang ditemukan secara dini dan kebanyakan kanker ovarium dideteksi setelah sel-sel kanker telah menyebar disekitarnya.

Oleh karena itu, pentingnya mengetahui gejala kanker ovarium tersebut agar langkah pengobatan yang tepat juga segera ditempuh.

Dan berikut ini adalah 10 Gejala Awal Kanker Ovarium yang mesti kita ketahui seperti:

1. Nyeri Perut

Nyeri di daerah panggul atau perut yang terasa sangat berbeda dari gangguan pencernaan normal dan masalah haid yaitu kram perut.

Kebanyakan pasien yang mengeluhkan nyeri perut yang berlangsung selama lebih dari 2 minggu dan tidak terkait dengan periode, diare, atau flu perut merupakan gejala kanker ovarium.

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan Persistent, kembung, mual atau masalah gastro intestinal yang terjadi secara terus-menerus merupakan bagian dari gejala kanker ovarium.

3. Kehilangan nafsu makan

Salah satu gejala kanker ovarium yaitu penderitanya kehilangan nafsu makan.Hal disebabkan karena dampak kanker yang metabolisme makanan menjadi energi sebagai bahan energi tubuh.

4. Kembung

Sering mengalami perut kembung atau nyeri panggul yang berlangsung dalam beberapa hari juga merupakan gejala lain dari kanker ovarium.

5. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil atau peningkatan frekwensi buang urin yang muncul secara tiba-tiba (inkontinensia ) dan semakin memburuk hanya dalam selang beberapa minggu juga merupakan gejala atau tanda-tanda kanker ovarium.

kanker ini dapat mencakup serangan inkontinensia (hilangnya lengkap kontrol kandung kemih sebelum Anda bisa mendapatkan ke kamar mandi) yang akan secara bertahap memburuk selama beberapa minggu.

6. Merasa cepat kenyang

Pada tahap perkembangan dari ovarium bila tumor kanker itu sendiri letaknya di permukaan perut, pada omentum (lipatan di dalam rongga perut yang menghubungkan lambung ke organ lain), atau pada usus, maka dapat menyebabkan pasien merasa sangat cepat kenyang dari baisanya.

7. Sembelit dan Diare

Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit dan diare, semakin sering terjadi seiring perkembangan kanker ovarium. Hal ini terjadi ketika tumor ovarium membengkak sehingga memberikan tekanan pada perut, usus dan kandung kemih.

8. Nyeri pada punggung bawah

Sering mengalami pegal dan nyeri persisten pada punggung bawah merupakan gejala umum kanker ovarium.

9. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa diet atau berolahraga juga merupakan bagian lain dari gejala kanker ovarium tahap awal.

10. Perdarahan pada Vagina

Gejala kurang umum dari kanker ovarium adalah adanya bercak atau perdarahan vagina yang tidak teratur di luar siklus menstruasi yang teratur.

Kelainan pada vagina lainnya yang mungkin dirasakan, termasuk perkembangan tiba-tiba luka atau blister di daerah vagina, perubahan warna kulit atau cairan kental yang dapat diamati pada vagina.

Demikianlah gejala kanker ovarium diatas semoga bisa menjadi bahan pendeteksi dini mengenai kanker ovarium.

10 Gejala Awal Kanker Ovarium | Tim Redaksi | 4.5