Loading...

PenyebabTestis Bengkak dan Cara Mengatasinya

PenyebabTestis Bengkak dan Cara MengatasinyaMeskipun testis dapat mengalami perubahan secara alami dan berlangsung secara tiba-tiba dalam hal ukurannya namun bukan berarti bahwa pembengkakan pada testis tersebut dibiarkan begitu saja.

Pembengkakan pada testis bisa juga terjadi ketika ada peradang pada salah satu atau kedua testis. Dan mungkin juga terjadi karena penumpukan cairan pada testis. Dalam kasus terburuk, testis bengkak bisa menjadi gejala dari kanker testis.

Dan untuk mengenal lebih banyak lagi kemungkinan penyebab testis membengkak, berikut ini adalah pembahasannya.

Loading...

 Penyebab Pembengkakan pada Testis dan Cara Mengatasinya

  • Hidrokel

Hidrokel adalah kondisi penumpukan atau akumulasi cairan di dalam selaput yang menutupi testis. Kondisi hidrokel sendiri bisa dialami oleh pria dari segala umur termasuk juga pada bayi.Namun, hidrokel pada bayi sembuh secara alami.

Hidrokel ini selain dapat menyebabkan pembengkakan pada testis tetapi juga merupakan salah satu penyebab paling umum dari radang testis.

Hidrokel bisa juga terjadi sebagai gejala hernia inguinalis. Cairan akan terkumpul di dalam membran testis sebagai efek samping dari terapi radiasi dalam perawatan kanker.

  • Varikokel

Obstruksi dalam korda spermatika vena akan mengarah pada pembengkakan pada testis. Terhambatnya pembuluh darah korda spermatika bisa berkembang ketika katup yang mengatur sirkulasi darah melalui pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan baik.

Kondisi ini juga dikenal sebagai varikokel atau varises vena testis. Dan jika dibiarkan hal ini terus berlanjut bisa menyebabkan seorang pria menjadi mandul.

  • Orchitis


Testis bengkak bisa menjadi tanda adanya infeksi oleh bakteri atau virus. Virus gondong sebagian besar terkait dengan peradangan testis atau orchitis.

  • Kista dan tumor


Kehadiran kista atau tumor di testis bisa menyebabkan peradangan pada testis. Spermatocele adalah kista pada epididimis. Kista pada epididimis sangat umum di kalangan laki-laki dari pada kaum perempuan. Kista hadir dalam testis biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

Tumor yang hadir dalam testis harus ditangani secara seriuskarena kista testis ini mungkin merupakan tanda kanker testis.

Pengobatan testis bengkak

Peradangan testis yang disebabkan oleh hidrokel mungkin memerlukan pembedahan untuk menarik keluar cairan dari testis.
Pembedahan juga diperlukan untuk memperbaiki varikokel dan mengobati kanker testis. Untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pembengkakan testis.

Hindari menggunakan pakaian ketat dan mengkonsumsi teh dandelion biasanya efektif dalam penyembuhan testis bengkak akibat infeksi.

PenyebabTestis Bengkak dan Cara Mengatasinya | Tim Redaksi | 4.5