Loading...

5 Titik Akupresur Untuk Menginduksi Persalinan

5 Titik  Akupresur Untuk Menginduksi PersalinanMenstimulasi titik-titik tekanan tertentu adalah salah satu teknik yang paling efektif dan paling aman untuk menginduksi persalinan.

Seorang wanita hamil memiliki titik-titik tertentu di tubuhnya yang bila ditekan dengan lembut dapat merangsang kontraksi rahim. Akupresur persalinan sangat sering dilakukan dan terbukti memudahkan dan memperlancar proses persalinan.

Harap di ingat

Titik-titik akupresur yang digunakan untuk menginduksi persalinan tidak boleh digunakan jika usia kehamilan belum memasuki minggu ke 37.

Loading...

Setiap titik akupresur yang dijelaskan dalam artikel ini, juga digunakan untuk mengobati penyakit tertentu seperti yang dijelaskan dibawah ini, namun tidak boleh digunakan untuk mengobati penyakit tersebut pada ibu hamil. Hanya untuk menginduksi persalinan bagi ibu hamil.

Dan terapi ini hanya boleh dilakukan di bawah bimbingan ketat dari ahli medis yang berkualitas dan terpercaya.

Berikut adalah 5 Titik Akupresur Untuk Menginduksi Persalinan

• Titik tekan pertama

Letaknya: Titik ini adalah di mana tiga saluran bertemu, yaitu, ginjal, limpa dan hati. Titik ini terletak di bagian dalam kaki antara Achilles tendon dan tulang pergelangan kaki (empat jari ditas atas tulang pergelangan kaki.

Manfaatnya: Dengan menekan titik ini dengan cara menggosok-gosoknya selama beberapa menit dalam setiap jamnya.
Prosedur ini dapat membantu dalam perluasan leher rahim dan meningkatkan kontraksi. Hal ini juga merangsang bayi untuk bergerak ke bawah ke dalam panggul.

Manfaat lainnya: Titik ini juga digunakan dalam mengobati gangguan tidur, kram menstruasi, nyeri perut, masalah ginekologi, infeksi saluran kencing, kecemasan, diare, masalah pencernaan dan ketidakstabilan emosional.

• Titik tekan kedua

Letaknya: titik ini letaknya di kedua sisi median tubuh dalam lubang kecil pada sakrum, di belakang spina iliaka superior, di hiatus sakral kedua. Anda dapat merasakan hal ini sebagai lesung pipit kecil di atas puncak lengkungan pantat.

Caranya: Dengan menggunakan ibu jari, memberikan tekanan yang kuat dari titik ini hingga bawah bokong. Ulangi prosedur ini untuk sekitar 5-6 menit.

Hal ini membantu dalam mengatur perut bagian bawah dan daerah panggul dan karenanya dapat memudahkan persalinan.

Manfaat lainnya: Dengan merangsang titik tekanan ini dapat membantu dalam menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan ginekologi seperti menstruasi yang menyakitkan dan leukorrhea (keluarnya lendir putih dari vagina sebagai gejala infeksi), memperbaiki sirkulasi darah yang buruk, gangguan yang terkait dengan saluran kemih, dll.

• Titik tekan ketiga

Letaknya: Terletak diantara ibu jari dan jari telunjuk. Hal ini persis berada di persimpangan dua tulang jari tersebut.

Caranya: Berikan tekanan dan pijatan yang lembut pada titik ini atau menggosok-gosok pada titik ini selama beberapa menit akan merangsang kontraksi dan mengurangi nyeri menjelang persalinan.

Manfaat lainnya: Hal ini sangat efektif untuk pengobatan sakit kepala, demam, sakit mata dan sakit tenggorokan, masalahyang terkait dengan gangguan sinus, alergi, mengurangi nyeri bahu dan lengan, dll.

• Titik tekan ke empat

Letaknya: Titik tekanan ini terletak di batang leher dan pada puncak bahu di kedua sisi tubuh.
Caranya: Tempatkan ibu jari anda dengan menekannya dengan kuat. Hal ini telah terbukti membantu dalam menekan plasenta dan lebih menenangkan bagi ibu.

Manfaat lainnya: Titik tekanan ini juga digunakan dalam menyembuhkan penyakit lain seperti sakit kepala, ketegangan otot, asma, kejang, dll

• Titik tekan kelima

Letaknya: Terletak di bagian belakang kaki, di tengah pergelangan kaki dan Achilles tendon.

Caranya: Berikan tekanan kuat dengan menggunakan ibu jari atau memegang pergelangan kaki anda dengan jempol dan atau menggunakan buku-buku jari untuk menerapkan tekanan. Titik tertentu ini membantu dalam mengeluarkan plasenta.

Manfaat lainnya: Bermanfaat dalam menyembuhkan sakit punggung kronis, pusing, dan segala jenis pembengkakan dan nyeri di pergelangan kaki.

Menggunakan akupresur pada ibu hamil jika:

– Tanggal jatuh tempo untuk pengiriman telah berlalu dan bayi masih dalam kandungan.
– Ketika sang ibu sedang dalam persalinan dan ingin memperkuat kontraksi.
– Cairan ketuban harus pecah sebelum dimulainya persalinan aktif.

Peran akupresur dalam induksi persalinan

Akupresur adalah salah satu cara alami yang paling efektif dalam mengonduksi persalinan. Teknik ini memanfaatkan titik-titik tekanan untuk merangsang aliran darah d dan membantu bayi untuk turun ke panggul.
Akupresur bersalin mendorong bayi untuk masuk ke posisi yang tepat untuk persiapan kelahiran. Hal ini juga merangsang bayi untuk melebarkan leher rahim dan memulai kontraksi.
Penggunaan titik-titik akupresur untuk menginduksi persalinan juga dapat mengurangi ataupun menghilangkan nyeri persalinan.

Pastikan pula bahwa menggunakan akupresur bersalin hanya bila salah satu kondisi tersebut anda alami.

5 Titik Akupresur Untuk Menginduksi Persalinan | Tim Redaksi | 4.5