Loading...

Peran Penting Zat Besi Serta Sumbernya

Peran Penting Zat Besi Bagi TubuhZat besi merupakan komponen dari hemoglobin yaitu protein yang ditemukan dalam sel darah merah yang mengikat dengan dan membawa oksigen ke setiap sel tubuh.

Peran penting zat besi bagi tubuh lainnya adalah zat besi juga merupakan komponen dari protein otot myoglobin.

Zat besi disimpan dalam hati yang suatu saat akan dimanfaatkan tubuh kembali ketika dalam diet kita tidak memberi kecukupupan zat besi harian.

Loading...

Untuk masalah dampak yang ditimbulkan ketika kita kekurangan (defsiensi) zat besi seperti munculnya penyakit anemia. Anemia yang terjadi ketika tubuh menderita defisiensi zat besi karena tubuh kekurangan pasokan produksi sel darah merah.

Defisiensi zat besi ini lebih umum terjadi pada wanita, terutama pada mereka yang beada pada kelompok usia subur. Anemia ini juga dapat menimbulkan sakit kepala, pusing, sesak napas, kelelahan, pucat bahkan masalah pada kesehatan rambut (rambut rontok) hingga gangguan multi organ.
Nah oleh karena itu pentingnya memperhatikan kebutuhan tubuh akan zat besi yang didapatkan langsung dari diet harian kita.

Kebutuhan zat besi bagi tubuh tergantung pada usia, jenis kelamin dan kebutuhan gizi khusus (selama kehamilan dan menyusui).

Rekomendasi dari ahli gizi menyarankan bahwa pada wanita hamil antara usia 14-50 memerlukan jumlah tertinggi besi (27 mg / hari).

Wanita antara usia 19-50 membutuhkan 18 mg / hari besi (karena kehilangan darah saat menstruasi). Wanita menyusui memerlukan zat besi kurang dari kelompok usia tersebut (sekitar 10 mg / hari).

Sementara untuk pria di atas 19 tahun membutuhkan 8 mg / hari besi. Selain itu, pria pada kelompok usia dibawah usia 19 tahun cukup membutuhkan tingkat zat besi yang biasanya ditemukan dalam diet lengkap mereka (berkisar 7-11 mg / hari).

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi ini kita bisa mendapatkannya melalui diet sayuran tertentu maupun dengan mengkonsumsi suplement zat besi, namun harus atas rekomendasi dari ahli gizi anda mengingat kelebihan pasokan zat besi dalam tubuh juga tidak bagi kesehatan.

Dan untuk meningkatkan pasokan zat besi dalam tubuh, kita bisa mengkonsumsi sejumlah jenis sayuran seperti tomat, bayam, labu, lobak, brokoli, kedelai dan jenis sayuran lainnya.

Nah demikianlah bagaimana peran zat besi ini bagi tubuh serta dampaknya bagi kesehatan jika tubuh kita mengalami defisiensi zat besi. Dan semoga artikel ini menjadi bahan informasi yang bernilai bagi kesehatan kita semua.

Peran Penting Zat Besi Serta Sumbernya | Tim Redaksi | 4.5