Loading...

Rambut Rontok dan Masalah Tiroid

Rambut Rontok dan Masalah TiroidJika anda mengalami masalah rambut rontok rambut yang tidak diketahui pasti penyebabnya, maka anda juga sebaiknya harus melakukan tes tiroid karena hipotiroidisme bisa menjadi salah satu kemungkinan penyebab rambut rontok.

Rambut rontok yang berlangsung lama dapat menyebabkan kebotakan, tentunya hal ini tidak anda inginkan.
Meskipun rambut mengalami keguguran merupakan fenomena alami. Tetapi rambut rontok juga bisa terjadi karena pengaruh produk perawatan rambut anda.

Tetapi jika anda telah menghentikan produk rambut anda namun tetap saja rambut anda berguguran maka anda berkonsultasi kondisi tersebut pada ahli rambut anda.

Loading...

Dan mungkin dokter anda juga akan melakukan tes tiroid karena tidak sedikit kasus rontok disebabkan karena gangguan hormon tiroid.

Masalah rambut rontok karena gejala gangguan tiroid

Tiroid adalah kelenjar kecil yang terletak di sekitar tenggorokan dan merupakan salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh.

Fungsi kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk metabolisme dalam tubuh. Modulasi karbohidrat, lemak dan protein dan produksi energi dalam tubuh berlangsung dengan bantuan kelenjar tiroid.

Namun terkadang karena beberapa alasan kelenjar tiroid gagal untuk menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup. Kondisi ini dikenal sebagai hipotiroidisme

Ada beberapa gejala yang berhubungan dengan hypothyroidism, termasuk dalam hal ini adalah rambut rontok. Gejala hypothyroidisme lainnya seperti penurunan berat badan, depresi, lekas marah, kelelahan dan kulit kering.

Ketika kelenjar tiroid tidak melakukan fungsinya secara maksimal maka akan mempengaruhi folikel rambut sehingga rambut anda akan mengarah ke tahap dormansi.

Kurangnya metabolisme juga menyebabkan defisiensi protein dan vitamin pada rambut. Rambut tidak tumbuh dengan baik karena kurangnya vitamin dan protein sehingga rammbut menjadi rapuh, kasar dan rontok.

Dan gangguan fungsi tiroid ini tidak hanya dapat menyebabkan rambut kepala yang gugur namun juga bisa menyebabkan rambut pada alis, ketiak dan alat kelamin juga menjadi rapuh dan rontok.

Meskipun hipotiroidisme adalah salah satu penyebab yang paling menonjol dari rambut rontok, namun kelebihan produksi hormon tiroid (hipertiroidisme) juga bisa menjadi salah satu alasan penyebab rambut rontok.

Rambut Rontok dan Masalah Tiroid | Tim Redaksi | 4.5