Loading...

Tips Berbelanja Pakaian Yang Berkualitas

Tips Belanja Pakaian BerkualitasBerbelanja pakaian merupakan kebiasaan umum disaat menjelang hari lebaran. Dan pada saat yang sama harga pakaianpun biasanya dibandrol dengan diskon yang sangat menarik perhatian kita untuk membelinya.

Dengan banyaknya merek, motif dan warna yang ditawarkan terkadang pula membuat kita melupakan akan kualitas pakaian itu sendiri, tetapi hanya lebih mengedepankan masalah model dan diskon yang ditawarkan.

Nah, bagi anda yang sedang berencana berkunjung ke mall untuk shopping, selain memperhitungkan masalah harga, warna maupun model pakaian yang hendak anda ingin beli, juga jangan lupa untuk lebih mengutamakan kualitas pakaian tersebut.

Loading...

Sementara itu, pada setiap merek pakaian tentu memiliki mutu dan kualitas yang tidak sama, dan untuk mengenali jenis pakaian yang berkualitas tentulah tidak mudah.

Nah bagi anda yang belum bisa membedakan pakaian yang berkualitas tinggi atau bukan, berikut tipsnya untuk anda.

Tips Memilih Pakaian Berkualitas

Pemeriksaan kain

Untuk membedakan kain yang berkualitas tentunya dengan memeriksa materinya. Tapi untuk belanja On Line tentu saja hal ini tidak berlaku.

Memeriksa materi pakaian dengan menyentuhnya secara langsung untuk mengetahui mengenai kelembutan atau kehalusan bahan.

Biasanya pemeriksaan materi kain ini juga untuk mengetahui apakah bahan yang digunakan 100% alami seperti katun, sutra, dan wol, ataukah kain pakaian itu merupakan kain sintetik seperti nilon, atau polyester.

Beberapa aspek yang perlu diperhitungkan lainnya adalah apakah kain tersebut mudah kusut atau tidak, bagaimana serapan keringatnya, apakah kain tersebut menimbulkan rasa gerah, pamnas, ataukah terasa adem dan sejuk ketika bersentuhan dengan kulit anda.

Dan biasanya kain yang berasal dari serat alami merupakan pilihan yang bagus bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif atau mudah terkena alergi, ruam dan sebagainya.

Namun kelebihan kain sintetis biasanya lebih awet digunakan jika dibanding dengan kain dari serat alami.

Pemeriksaan garment

• Periksa jahitannya

Hal pertama yang harus anda lakukan saat memeriksa kualitas pakaian adalah untuk mengubah pakaian dalam ke luar dan memeriksa jahitan pakaian dengan teliti.
Perikalah garis-garis jahitan, bagaimana cengkraman benangnya ataukah jika ada jahitan yang rusak. Kepadatan jahitan yang baik biasanya 8-12 jahitan per incinya untuk menjamin kekuatan jahitan.

• Periksa kelimannya

Keliman adalah tepi atau ujung sepotong kain yang dilipat dalam dan dijahit untuk mencegah kain dari serabut kain.

Keliman berkualitas biasanya yang dijahit dengan tangan dan bukan karena hasil komputerisasi. Satu-satunya pakaian yang dapat menjadi pengecualian untuk keliman diatas adalah celana jeans yang tidak baik jika dijahit dengan menggunakan mesin tangan.

• Periksa Lining

Lining adalah bagian ekstra pakaian yang dijahit ke bagian dalam pakaian. Anda harus memperhatikan bahwa pakaian berjajar lebih tahan lama daripada yang tak bergaris.

• Periksa kancing dan ritsleting

Hal pertama untuk mengamati tentang kancing baju adalah kelengkapan jumlahnya. Kancing yang rusak merupakan indikator kualitas yang buruk.

Kancing berkualitas tentunya kancing yang dijahit dengan tangan dan memiliki sedikit ketidakteraturan dalam jahitan.

Untuk ritsleting, saya akan merekomendasikan ritsleting logam dengan merek zip dan unzip dan jangan memilih ritsleting plastik kecuali benar-benar terpaksa.

• Pemeriksaan designnya

Desain atau pola pencocokan hanyalah parameter untuk menilai kualitas pengerjaan. Jika desain menyatu satu sama lain pada jahitannya maka itu merupakan indikator pakaian berkualitas unggul.

Jika desain dan pola tidak sejajar, hal itu menunjukkan bahwa pakaian itu dibuat buru-buru oleh produsen untuk menghasilkan kuantitas dan bukan kualitas.

Nah demikianlah tips memilih pakaian berkualitas diatas dan semoga bisa menjadi bahan informasi yang bermanfaat untuk anda saat hendak shopping di mall.

Tips Berbelanja Pakaian Yang Berkualitas | Tim Redaksi | 4.5